Yayasan Inaayah Bagikan Sembako untuk Warga di Hinterland Batam

INTREN.ID, BATAM – Tidak sedikit donatur baik perorangan atau atas nama lembaga dan yayasan yang berempati mendonasikan sebagian hartanya untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi virus corona baru (Covid-19). Donasi diberikan salah satunya melalui Yayasan Inaayah Batam (YIB).

Hadir dalam acara penyerahan donasi tersebut, Wakil Ketua DPRD Kepri, dr Tengku Afrizal Dahlan. Afrizal merupakan salah satu donatur terbesar yang terkenal dengan kedermawanannya.

Ketua YIB Cindy menyampaikan, sasaran donasi tersebut dipilih secara selektif untuk masyarakat yang kurang mampu. Terlebih di kawasan Hinterland Kota Batam, meliputi Pulau Akar, Pulau Geranting, Pulau Cengkui, Pulau Caros, Pulau Mengkadah, Pulau Setokok, Pulau Tanjung Colem dan Pulau Teluk Air.

“Untuk bantuan donasi biasanya berbentuk sembako, buku Islam, susu kotak, nasi kotak, wakaf al-qur’an, bingkisan kado istimewa, baju layak pakai dan masker,” ucap Cindy.

Kata Cindy, pihaknya sangat prihatin dengan kondisi perekonomian masyarakat saat ini. Khususnya yang terkena dampak Covid-19.

“Atas dasar itu kami merasa tergerak untuk berbagi dengan harapan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Di tengah keprihatinan penyebaran Covid-19 ini, YIB juga berbagi paket sembako ke masyarakat di pulau-pulau tersebut. Dengan pembagiannya menerapkan social distancing dan physical distancing sebagaimana imbauan pemerintah.

“Alhamdulillah sebanyak lebih dari 350 paket sembako, 228 wakaf al-qur’an, ratusan paket baju layak pakai, puluhan susu kotak, ribuan nasi kotak, ratusan kado istimewa baju baru telah selesai kami tunaikan ke pulau-pulau,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

“Insyaallah selepas lebaran kami akan berlanjut kembali mengumpulkan dan mendistribusi bantuan,” sambung Cindy.

Dalam pendistribusian tersebut, pihaknya juga memberi penyuluhan tentang pandemi Covid-19. Serta memberikan masker gratis kepada warga pulau.

Tidak hanya mendistribusikan bantuan, pihaknya juga mengupayakan untuk setiap turun diadakan pengajian dari satu pulau ke pulau lainnya. Namun karena pandemi ini, pengajian diliburkan sementara menghindari kegiatan berkumpul.

Bantuan dari donatur dijemput oleh pihak YIB, ada juga yang diantar donatur langsung ke kantor yayasan di Perumahan Bambu Kuning Puskopkar B2 Nomor 2 Batuaji.

“Alhamdulillah bantuan juga kami terima dari PDUI Kota Batam berupa sembako dan 1.000 masker. Dari Apindo dan PSMTI paket sembako, serta dari komunitas Paskas yang menyerahkan sembako,” sebut Cindy.

Selain dari PDUI, masker dari donatur sejumlah 800 lembar lebih juga telah distribusikan. YIB juga masih terus menerima segala jenis bantuan, yang dipercayakan dalam hal pendistribusiannya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.