Y20 Indonesia Harus Jadi Momen Kebangkitan Pemuda, JSN Dorong Generasi Muda Hasilkan Pemikiran Positif untuk Dunia

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Youth 20 (Y20) Indonesia 3rd Pre-summit yang berlangsung di Kota Balikpapan, Minggu (22/5/2022 dihadiri oleh anak-anak muda peserta Group of Twenty (G20). Ada yang datang langsung, ada juga yang hanya melalui Zoom. Untuk diketahui, Indonesia merupakan Presidensi G20.

Ada empat isu besar yang dibawa dalam pertemuan internasional itu. Pertama, masalah tenaga kerja anak muda, kedua digital transformasi, ketiga terkait ekosistem berkelanjutan, dan keempat inklusif tentang keberagaman.

Direktur Eksekutif Jaringan Suara Nusantara (JSN), Habibi mengapresiasi terlaksananya Y20 Indonesia di Kota Minyak. Menurutnya, rekomendasi anak-anak muda dari berbagai negara tersebut, diharapkan menjadi buah pemikiran positif. Sehingga menjadi masukkan para kepala negara, khususnya G20.

“Kita harus mengapresiasi peran generasi muda saat ini. Y20 ini harus menjadi momen bagi anak-anak muda Indonesia untuk saling bertukar pikiran, ide, dan ilmu demi masa depan bangsa dan negara” katanya.

Dia juga menambahkan, empat isu yang dibahas pun sudah sesuai dengan kondisi saat ini. Tinggal nanti bagaimana hasil rekomendasinya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk diteruskan ke seluruh kepala negara G20.

“Sebagai penerus masa depan, generasi muda diharapkan juga memiliki peran lebih besar. Dengan karakter berani mengemukakan pendapat, memiliki kemampuan menyerap nilai dan ide-ide baru, inovatif, kreatif, mobilitas tinggi dan dinamis, memiliki solidaritas dan kesadaran sosial yang tinggi, generasi muda akan sangat berpengaruh terhadap masa depan bangsa,” tandas Habibi.

Y20 merupakan forum bagi calon pemimpin muda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berdebat, dan bertukar pikiran, guna mencapai kesepakatan bersama mengenai agenda Kepresidenan G20. Mengangkat tema “From Recovery to Resilience: Rebuilding the Youth Agenda Beyond Covid-19”, Y20 Summit tahun ini akan diselenggarakan di Indonesia pada Juli 2022. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

 

FOLLOW ME

Get real time updates directly on you device, subscribe now.