Wujudkan Pelayanan kepada Masyarakat, Polwan Ditlantas Polda Kepri Gelar Aksi Sosial di Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Berbagai upaya terus dilakukan oleh kepolisian demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk realisasi dari slogan melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan, kegiatan sosial kali ini dilakukan oleh para Polwan Ditlantas Polda Kepri di wilayah Masjid Darussalam KDA dan sekitarnya.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri melaksanakan program yang biasa disebut Jumat Berkah,” ucap Tri, Jumat (21/10/2022).

Tri melanjutkan, kegiatan tersebut menyasar jemaah salat Jumat, ojek online, para pengguna kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, pedagang koran, serta pekerja seni yang ada di traffic light.

Adapun kegiatan sosial yang dilakukan pada Jumat Berkah iyalah penyerahan nasi kotak dan sembako, seperti beras, minyak, gula, teh hingga mie instans.

“Kami lakukan setiap Jumat, semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat Kepri khususnya di wilayah Kota Batam,” ungkapnya.

Di saat yang bersamaan, para polwan juga melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas dan pemberlakuan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah hukum Kota Batam.

Tri melanjutkan, sosialisasi tertib berlalu lintas juga telah dilakukan oleh sejumlah polisi yang dikemas dengan bentuk pendidikan lalu lintas, yang merupakan rangkaian program Kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) Ditlantas Polda Kepri.

“Melalui pendidikan lalu lintas usia dini akan lebih memahami dan kemudian menerapkan perilaku positif dalam budaya berlalu lintas,” papar Tri.

Kegiatan tersebut bertujuan, agar anak-anak tersebut memahami dan menerapkan perilaku positif dalam budaya berlalu lintas ini.

“Sebab anak-anak akan lebih mudah diberikan pemahaman ataupun gambaran tentang berbagai hal, sehingga meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas setelah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” ungkapnya.

Selain itu kata Tri, kegiatan Polisi Sahabat Anak ini adalah pengenalan profesi kepolisian kepada anak-anak. Yang diharapkan, dapat mengubah persepsi terhadap sosok polisi yang selalu identik dengan wajah garang dan menakutkan.

“Kami berharap dengan sosialisasi tertib berlalu lintas bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Batam untuk menjadi pelopor keselamatan, baik untuk diri sendiri dan orang lain. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.