Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan, Safaruddin Ajak Generasi Milenial Kukar Bertani

INTREN.ID, TENGGARONG – Peningkatan kapasitas produksi pertanian perlu diatasi dengan menuntaskan persoalan hulu hingga hilir. Termasuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dari kalangan milenial untuk bertani.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, salah satu tujuan utama mengoperasikan kembali rice processing unit (RPU) di Tenggarong Seberang adalah mewujudkan ketahanan pangan. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) intens melakukan komunikasi untuk mengembangkan pertanian di daerahnya.

Hal itu dimulai dari komoditas jagung yang menjadi salah satu fokus Pemkab Kukar. Hanya, upaya peningkatan hasil produksi juga perlu memikirkan infrastruktur di hilir. Termasuk memastikan pembeli hasil pertanian.

“Nah, kita nanti sudah bekerja sama dengan perusahaan yang juga akan membeli hasil pertanian tersebut. Sehingga mudah-mudahan penghasilan masyarakat bisa meningkat dan tidak jatuh harganya kalau panen,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, setelah dibangun, eks RPU nantinya sebagai wadah mengendalikan harga. Supaya harga beras di pasaran yang bagus, membuat keuntungan bagi petani lebih meningkat.

“Kita siapkan supaya petani jangan hanya bisa mengolah 1 hektare, kita harapkan satu petani bisa mengolah 10 hektare bahkan 50 hektare. Jadi, anak-anak milenial jangan lagi mau cari pekerjaan di kota tapi bisa menjadi petani milenial,” Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.