Waspada! Tiga Hal Ini Jadi Sumber Penularan Corona

Barang Belanja Daring, Uang Tunai, dan Keluarga Terdekat

INTREN.ID, JAKARTA – Penularan virus corona baru (Covid-19) masih terus terjadi di tengah masyarakat. Karenanya masyarakat diminta mewaspadai hal-hal yang berpotensi menularkan virus corona ini.

Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Purnawan Junaidi mengatakan, ada tiga sumber penularan Covid-19 yang sering terlupakan. Yaitu uang tunai, barang belanja dalam jaringan (daring), serta orang terdekat (keluarga).

“Memang ada tiga sumber penularan yang orang suka lupa, barang online, uang cash, sama orang terdekat,” kata Purnawan.

Dia menjelaskan, untuk barang-barang yang dibeli atau diterima masyarakat secara daring, terkadang diperlakukan biasa. Padahal bisa berpotensi membawa virus juga, termasuk orang yang mengantarnya.

“Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang mengantar ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi,” kata Purnawan.

Kemudian uang tunai, bisa menularkan virus dari orang per orang. Karena ada sentuhan benda dengan anggota tubuh terutama tangan. Sehingga masyarakat diharapkan mengusahakan cara-cara tertentu sehingga transaksinya lebih aman.

“Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik saya taruh di tempat khusus di rumah,” ucap Purnawan.

Dan yang terakhir adalah orang terdekat, terutama yang masih muda di mana meski memiliki imun tubuh yang baik dan kondisi badan yang tidak mudah sakit. Mereka bisa menjadi pembawa virus (carier) yang bisa menularkannya terlebih pada mereka yang tergolong lansia.

“Jadi untuk yang sudah lansia terutama, sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu, kita harus selalu berhati-hati dan waspada, jangan lupa cuci tangan dan pakai masker,” tegas pria yang juga menjabat Ketua Aliansi Telemedis ini. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.