Wartawan Mulai Terjangkit Corona, PWI Ingatkan Perusahaan Media

Tegaskan Pentingnya Protokol Kesehatan dalam Peliputan

INTREN.ID, JAKARTA – Wabah virus corona (Covid-19) tak mengenal profesi. Profesi wartawan pun ikut tertular penyakit asal Tiongkok ini. Hal tersebut mengundang keprihatinan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Saya prihatin ada beberapa wartawan sudah mulai positif. Saya harap mereka akan sehat, pulih kembali secepatnya. Begitu juga dengan korban-korban lain sekarang,” kata Ketua Umum PWI Atal S Depari, Jumat (10/4/2020).

Kata dia, semua organisasi pers termasuk PWI tidak henti-hentinya mengingatkan, mengimbau, dan menyampaikan prosedur tetap peliputan selama pandemi Covid-19. Artinya, kedisiplinan dan komitmen untuk menjalankan protokol kesehatan dan physical distancing perlu lebih ditekankan dalam menjalankan pekerjaan.

“Sekarang ini kami berharap tidak ada wartawan bisa meliput tanpa protokol kesehatan. Itu sudah pasti,” tegasnya.

- ADVERTISEMENT -

Atal juga meminta seluruh perusahaan media untuk mengontrol setiap wartawannya dan membekali dan mempersiapkan protokol kesehatan sebelum melakukan peliputan. Kegiatan peliputan yang masih mengundang banyak wartawan sehingga menimbulkan kerumunan, sebaiknya dihindari selama pandemi Covid-19.

Kata dia, banyak metode peliputan yang bisa dilakukan tanpa harus mengambil risiko dengan berkerumun di lapangan. Misalnya melalui televisi pool, televisi streaming, telepon seluler, dan sebagainya.

Sebisa mungkin perusahaan media tidak menerjunkan wartawannya ke lapangan bila situasi memungkinkan. Atal mengungkap, perwakilan media-media asing di Indonesia banyak yang sudah tidak menerjunkan lagi wartawannya di lapangan selama pandemi Corona. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.