Warga Usia Lanjut Dilarang Bekerja Sif Malam, Ini Alasannya

INTREN.ID, BATAM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam melarang pekerja usia lanjut untuk bekerja pada sif malam. Hal tersebut adalah satu upaya Disnaker dalam mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19) di lingkungan industri.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan, larangan ini telah disampaikan saat pihaknya melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau kunjungan ke perusahaan . Menurutnya pekerja di atas usia 50 tahun merupakan usia yang sangat rentan terpapar virus Covid-19. Terlebih jika kondisi badan yang kurang baik.

Sif tiga atau sif malam biasanya bekerja sejak pukul 23.00 malam hingga pukul 07.00 pagi. Waktu tersebut dianggap sangat mempengaruhi istirahat dari karyawan itu sendiri.

“Pasti akan berbeda jika pekerjaan lansia tersebut hanya beristirahat siang dan tidak beristirahat malam. Akan mempengaruhi daya tahan tubuhnya,” ucap Rudi belum lama ini.

- ADVERTISEMENT -

Pihaknya juga selalu memberikan imbauan untuk penggunaan masker pada saat bekerja dan tetap menjaga jarak aman antara karyawan. Meskipun Rudi mengakui untuk industri yang bergerak di bidang manufaktur telah sangat baik dalam penerapan sosial distancing ataupun protokol kesehatan.

“Bahkan ada satu perusahaan yang menyiapkan meja makan khusus untuk karyawan dan penggunaan masker bahkan sarung tangan. Jadi untuk di lingkungan industri penerapan protokol kesehatan sudah cukup baik,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.