Warga Kepri Tak Perlu Rapid Test Corona Saat Masuk Batam, Asalkan…

INTREN.ID, BATAM – Warga Kepulauan Riau (Kepri) tak perlu repot-repot melakukan rapid diagnostic test (RDT) virus corona baru (Covid-19). Pasalnya Pemerintah Kota (Pemko) Batam tidak mewajibkan bagi masyarakat yang berdomisili di Batam atau masyarakat kabupaten/kota lainnya yang ada di Kepri untuk melakukan RDT saat akan memasuki kota tersebut.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, masyarakat yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) di wilayah Provinsi Kepri tidak perlu melampirkan hasil RDT Covid-19 saat akan berkunjung ke wilayah Batam.

“Kalau dari Tanjung Pinang mau ke Batam, atau dari Karimun mau ke Batam tidak wajib rapid test,” sebutnya belum lama ini.

Namun demikian, kebijakan itu tidak berlaku lagi apabila warga tersebut, pernah melakukan perjalanan ke luar wilayah Kepri.

Walaupun tidak ada syarat RDT, masyarakat tetap diimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang selama ini diterapkan. Seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir dan juga melakukan physical distancing.

- ADVERTISEMENT -

Kata Rudi, masyarakat baru diwajibkan melakukan RDT jika hendak ke luar provinsi Kepri dengan menggunakan transportasi udara. Hal itu menurut dia berlaku di seluruh Indonesia, masyarakat wajib melakukan RDT sebelum menggunakan pesawat terbang.

“Kalau mau ke luar provinsi apalagi menggunakan pesawat wajib melakukan RDT. Tetapi kalau hanya antar kabupaten/kota di Kepri dan tidak melalui pesawat saya kira tidak perlu,” ungkapnya.

Rudi menjelaskan bahwa protokol kesehatan harus dilakukan untuk menjaga diri masing-masing agar tidak tertular ataupun juga menularkan ke orang lain. “Kita harus komitmen bersama menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.