Warga Batam Kini Bisa Jalani Rapid Test dari Lion Air di Bandara Hang Nadim

INTREN.ID, BATAM – Kemudahan untuk melengkapi syarat penerbangan, terkait keterangan kesehatan kini bisa dilakukan di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Layanan tersebut dihadirkan oleh maskapai Lion Air yang telah efektif mulai Senin (03/ 08/2020) lalu. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, hal tersebut menjadi yang ke-74 serta menempatkan urutan keenam secara nasional.

Untuk layanan terbaru di Batam, Lion Air Group menjalankan bersama fasilitas kesehatan (faskes) setempat sebagai penyediaan layanan RDT. Seperti di Klinik Biocare yang pelaksanaan nya di Customer Service Lion Air Group Terminal Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

“Nantinya, pada Libur nasional, tetap bisa melayani pengecekan RDT,” kata Dadang dalam rilisnya.

Fasilitas serupa yang telah berjalan yaitu di Kanaka Klinik yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani-Komplek Ruko Tembesi Center No. Blok A2 No. 5- 6, Kibing, Batu Aji dan Sano Medika Klinik yang beralamat di Komplek Ruko Putri Hijau Blok A No. 16-20, Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Dadang mengungkapkan ketentuan pelaksanaan RDT bagi penumpang adalah, khusus penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group dan voucer rapid rest Covid-19 dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket).

Bagi penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan Rapid Test Covid-19, maka dapat membeli voucer Rapid Test Covid-19 dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, agen perjalanan dan lainnya.

“Penyelenggaraan RDT sebagaimana pedoman protokol kesehatan. Sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group, terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Nantinya penumpang akan mendapatkan surat keterangan hasil uji kesehatan rapid sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Menurut Dadang, penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif, dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerja sama Lion Air Group untuk RDT di Batam. Yang akan mengakomodasi penumpang dari Batam, Tanjung Pinang, Lingga, Karimun, dan sekitarnya.

Melalui bandar udara tersebut, Lion Air Group menawarkan pilihan rute penerbangan secara langsung dan terhubung (connecting flight) ke Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma), Banda Aceh, Lhokseumawe, Meulaboh, Kualanamu Medan, Gunung Sitoli, Silangit, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Dumai, Natuna, Letung, Dabo Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Tanjung Karang-Lampung, Tanjung Pandan, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Tarakan, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Bandung, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Denpasar, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Rote, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Merauke dan destinasi lainnya.

“Harapan terbesar kegiatan ini untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui perjalanan udara. Mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan,” paparnya.

“Layanan RDT akan terus dilanjutkan dan dikembangkan di kota-kota dan bandar Udara lain. Optimistis akan terus menjangkau di seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.