Wali Kota Bontang Pulangkan Pasien yang Sembuh dari Corona

RSUD Tak Lagi Rawat PDP, Posko Pemeriksaan Siaga di Tugu Selamat Datang

INTREN.ID, BONTANG – Pasien positif virus corona baru (Covid-19) yang dirawat di RSUD Taman Husada kembali menunjukkan hasil baik. Satu lagi pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah.

Pasien tersebut adalah Nensy Uli Pakpahan, perempuan 40 warga Kutai Timur (Kutim). Nensy termasuk pasien positif Covid-19 dari klaster Bogor. Setelah hasil SWAB ketiganya dinyatakan negatif Covid-19, Nensy dipulangkan dengan dilepas langsung Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Selasa (7/4/2020).

“Alhamdulillah, satu lagi pasien dalam pengawasan (PDP) yang sebelumnya diisolasi di RSUD Taman Husada Bontang sudah negatif Covid-19 dan sudah bisa pulang ke tempat asalnya di Kutai Timur,” kata Neni.

Meski demikian, perempuan nomor satu di Bontang itu berpesan agar Nensy tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta mengikuti protokol kesehatan sekembalinya ke rumah. Juga masih harus melakukan social dan physical Distancing.

Pun begitu, wali kota yang karib disapa Bunda itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh dokter dan perawat di RSUD Taman Husada Bontang yang telah merawat pasien dengan baik. Neni menyebut pasien yang sudah sembuh tak akan menularkan lagi, jadi jangan ada stigma negatif untuk pasien.

- ADVERTISEMENT -

“Masyarakat juga diharapkan jangan menjauhi pasien. Sehingga tidak ada stigma negatif terhadap pasien,” tambah Neni.

Pasien pun diberi Surat Keterangan Sehat, serta diberi vitamin dan susu untuk kesehatan.
Dengan dipulangkannya Nensy, saat ini ruang isolasi di RSUD Bontang sudah tidak lagi merawat PDP Covid-19.

Pencegahan penularan Covid-19 sendiri masih gencar dilakukan Pmerintah Kota (Pemkot) Bontang. Untuk menjaga Bontang dari penyebaran Covid-19 maka di Tugu Selamat Datang akan dipasang posko pemeriksaan kesehatan, termasuk pendataan warga yang berasal dari mana. Selain itu terdapat empat titik jalan yang akan ditutup.

“Mengingat mobilitas masyarakat Bontang, termasuk mendekati arus mudik 2020. Bunda berharap masyarakat Bontang bisa disiplin tentang protokol kesehatan, termasuk yang baru datang dari luar daerah,” tuturnya. (***)

Reporter: Bambang

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.