Wali Kota Batam Izinkan Semua Kegiatan Digelar, Asalkan…

INTREN.ID, BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengizinkan semua jenis kegiatan perekonomian, peribadatan, dan kegiatan kemasyarakatan lainnya untuk kembali dilaksanakan. Sebagaimana ditegaskan dalam rapat bersama Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) di Alun-alun Engku Batam Center, Rabu (27/5/2020).

Kata Rudi, hal tersebut merupakan satu cara untuk mempersiapkan tatanan kenormalan baru atau New Normal Life di Batam sesuai arahan dari pusat.

Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tak ada pembubaran dari pihak pengamanan ataupun satgas.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penggunaan masker dalam setiap kegiatan di luar rumah. Hal kedua yaitu selalu memperhatikan social distancing ataupun physical distancing pada saat kegiatan tersebut berlangsung.

“Tidak akan kami larang kegiatan tersebut baik salat fardu, salat jumat, ataupun pengajian selama masih mengikuti protokol kesehatan untuk menjaga jarak. Minimal 1,5 meter dan penggunaan masker,” ucap Rudi.

- ADVERTISEMENT -

Selain itu, dirinya juga mengingatkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Kata Rudi, sebenarnya pengecekan suhu tubuh tidak terlalu penting untuk dilakukan, karena masih banyak pasien yang sudah terpapar namun tidak menunjukkan gejala apapun.

“Karena kami tidak bisa memastikan kesehatan semua yang hadir, maka penggunaan masker dan menjaga jarak menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.