Wakil Rakyat Bontang Janji Kawal Anggaran Perbaikan Jembatan di Jalan Pontianak

INTREN.ID, BONTANG – Kondisi jembatan di Jalan Pontianak Kelurahan Telihan yang kondisinya nyaris ambruk lantaran sudah berusia cukup lama dan sering dilalui kendaraan bermuatan berat mendapat perhatian dari Komisi III DPRD Bontang. Belum lama ini mereka melakukan inspeksi ke jembatan tersebut untuk memantau kondisi terkini jembatan yang usianya diprediksi sudah lebih dari 10 tahun.

Usai memantau di lokasi kejadian, Wakil Ketua Komisi III DPRD Bontang Abdul Malik mengatakan, memang seharusnya jembatan tersebut sudah waktunya mendapatkan perbaikan. Namun karena adanya kebijakan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang meminta anggaran kegiatan fisik dipangkas lantaran Covid-19, sehingga menyebabkan perbaikan tidak bisa dilakukan.

“Seharusnya sudah masuk lelang di tahun ini. Namun ditunda karena pandemi Covid-19. Akibatnya lelang dari PU tidak bisa dilakukan,” ungkapnya.

Namun demikian Abdul Malik menegaskan, relokasi anggaran dan perbaikan untuk jembatan tersebut akan terus dikawal oleh Komisi III DPRD Bontang.

Sementara itu Lurah Telihan, Hamdani menambahkan, perbaikan jembatan tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah memantau langsung kondisi jembatan dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

- ADVERTISEMENT -

Tahun 2019 lalu pihak PU juga sudah mengajukan usulan untuk bisa mendapatkan anggaran APBN dan dapat persetujuan bahwa akan dilaksanakan di tahun 2020 ini. Namun anggaran tersebut ikut terpangkas untuk penanggulangan Covid-19.

“PU dan Komisi III berjanji akan terus mengawal perbaikan ini di tahun depan agar bisa tetap terlaksana,” tuturnya.

Untuk saat ini upaya yang bisa dilakukan adalah memasang portal, spanduk dan rambu-rambu yang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Bontang. Selain itu, membatasi kendaraan yang melintas. “Kami tidak ingin sampai ada korban,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.