Wakil Perdana Menteri Jepang Sebut Olimpiade Tokyo “Dikutuk”

Terancam Batal karena Wabah Virus Corona

5,643

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

INTREN.ID, TOKYO – Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso menyebut Olimpiade Tokyo 2020 dikutuk. Ucapan tersebut terkait kekhawatiran pemerintah dan masyarakat Jepang terhadap keberlangsungan ajang olahraga terbesar di dunia itu lantaran virus Corona baru (Covid-19).

Awal pekan ini kepala deputi Komite Olimpiade Jepang dikabarkan positif terjangkit Covid-19. Hal tersebut membuat masyarakat semakin meragukan penyelenggaraan Olimpiade.

Taro Aso yang pernah menjabat perdana menteri itu menyatakan, Olimpiade Jepang adalah “kutukan” Olimpiade yang terjadi per 40 tahun sekali. Pada rapat Komite Urusan Keuangan, Aso menyatakan bahwa Olimpiade Tokyo “dikutuk” adalah keadaan yang luar biasa seperti tahun 1940, di mana Olimpiade dibatalkan karena ekspansi perang Jepang dengan Tiongkok.

Kemudian tahun 1980 pun Olimpiade di Moskow diboikot banyak negara Barat dan Jepang sebagai protes terhadap invasi Uni Soviet ke Afganistan tahun sebelumnya.

- Advertisement -

Di tengah meningkatnya spekulasi bahwa Olimpiade mungkin perlu ditunda dan dibatalkan karena pandemi corona, pernyataan Aso ini menimbulkan kejengkelan. Hal ini dapat memicu kecaman dari para atlet serta orang-orang yang terlibat dalam persiapan Olimpiade pada musim panas nanti.

Terkait dengan kekhawatiran terhadap risiko infeksi virus corona selama Olimpiade, Aso berkata hal tersebut adalah keputusan yang cukup sulit, mengingat adanya penonton.

“Dengan (Jepang) mampu menjadi tuan rumah Olimpiade, ini akan menggerakkan orang-orang. Sangat diharapkan (untuk Olimpiade) diadakan secara damai,” sebut Aso yang juga merangkap menteri keuangan Jepang.

Olimpiade tahun ini sendiri dijadwalkan berlangsung mulai 24 Juli hingga 9 Agustus. Sementara Paralimpiade digelar dari 25 Agustus hingga 6 September. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More