Wajib Baca, Mereka yang Sudah Mudik Dilarang Balik ke Jakarta

INTREN.ID, JAKARTA – Larangan mudik sudah hampir sebulan digaungkan. Namun, makin banyak yang nekat mencoba untuk menembus penyekatan lalu lintas.

Kabagops Korlantas Polri, Kombespol Benyamin mengungkapkan, menjelang Lebaran ada 5.694 kendaraan yang disuruh putar balik. Mayoritas dari Jakarta yang mencapai 4.112 kendaraan. Sisanya berasal dari laporan enam polda. Yakni, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, dan Lampung.

Saat ini Korlantas sudah mempersiapkan penyekatan kendaraan masuk ke Jakarta pasca-Lebaran. “Artinya, yang sudah mudik jangan balik ke Jakarta setelah Lebaran. Tunggu pandemi selesai dulu baru boleh ke Jakarta,” tegas Benyamin.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menuturkan, para pengemudi maupun penumpang langsung ditilang. Mereka diminta balik kanan. Untuk penumpang, mereka diangkut dan diantar ke Terminal Pulogebang untuk kembali ke kediaman asal.

- ADVERTISEMENT -

Berdasar data Polda Metro Jaya, sejak operasi tersebut dijalankan pada 24 April, 377 kendaraan disita. Dari jumlah tersebut, 2.225 orang bisa dicegah untuk mudik.

Dia mengatakan, ada kemungkinan larangan masuk ke Jakarta berlangsung hingga 31 Mei. Namun, semua itu akan bergantung pada kebijakan pemerintah. “Kalau diperpanjang ya lanjut. Yang pasti ini risiko untuk yang sudah mudik ya,” tuturnya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.