Wabah Corona Menyebar di Kepri, Batam Jadi yang Tertinggi

Hanya Satu Kabupaten yang Masih Steril

 

INTREN.ID, BATAM – Batam menjadi daerah dengan peringkat tertinggi dalam kasus wabah virua corona baru (Covid-19) di Kepulauan Riau (Kepri). Tercatat dari data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan Kepri per 25 Maret 2020, Batam masih teratas dalam jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (DPD).

Ada Sebanyak 453 ODP di Batam, 393 di antaranya masih dalam proses pemantauan dan ada 60 ODP yang telah selesai masa pemantauan. Dari 120 ODP yang menjalani pemeriksaan laboratorium, 60 orang dinyatakan negatif dari virus covid-19, sedangkan 60 lainnya masih menunggu proses.

Untuk PDP di Batam tercatat sebanyak 35 pasien. masih dirawat sementara 24 pasien telah selesai pengawasan.

Dari ke-35 PDP tersebut, ada sebanyak 31 Pasien yang dilakukan pemeriksaan lab. Hasilnya 3 orang positif, 22 negatif sementara 10 pasien lainnya masih menunggu hasil lab.

Untuk Tanjungpinang ada sebanyak 63 ODP dan 18 PDP. Sedangkan satu pasien dinyatakan positif terpapar virus covid-19.

- ADVERTISEMENT -

Beralih ke Bintan, ada sebanyak 30 ODP dan 2 PDP. Kedua PDP tersebut telah menjalani uji lab dengan hasil negatif pada satu pasien dan sisanya masih menunggu hasil tersebut.

Data juga mengungkap ada peningkatan jumlah di Kabupaten Karimun. Dengan jumlah 286 ODP dan 6 PDP. Dari pemeriksaan laboratorium, satu di antaranya telah positif Covid-19.

Di Anambas, ada sebanyak 5 OPD dan 2 PDP. Kedua PDP tersebut telah selesai dalam pengawasan dan telah selesai dilakukan pemeriksaan secara laboratorium.

Untuk Kabupaten Natuna, saat ini ada sebanyak 31 ODP dan setengah di antaranya telah selesai proses pemantauan. Untuk PDP ada sebanyak 2 pasien, satu di antaranya negatif dan satu lainnya masih menjalani perawatan.

Tercatat hanya satu kabupaten di Kepri yang masih steril dari penyebaran Covid-19, yaitu Lingga. Lingga sendiri memiliki 10 Kecamatan dan 82 desa, dengan jumlah penduduk 89.501 jiwa (2018). (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.