Viral Video Sadis Pemindahan Sapi di Pelabuhan Samarinda, Safaruddin: Bongkar Muat Hewan Harus Sesuai Ketentuan

INTREN.ID, SAMARINDA – Proses bongkar muat sapi di Pelabuhan Samarinda menuai kecaman. Terlihat sebuah crane menarik sapi-sapi dengan tali yang terikat di bagian kepalanya. Hal ini membuat sapi tergantung beberapa saat sebelum masuk ke truk. Bahkan Kementerian Pertanian (Kementan) dan Pemprov Kaltim langsung turun tangan melakukan penyelidikan.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin sangat menyayangkan kejadian itu. Pasalnya, cara bongkar muat sapi dinilai tidak memperhatikan kesejahteraan hewan (animal welfare). Hal ini tidak sesuai Undang-undang (UU) Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

“Bongkar muat hewan harus sesuai ketentuan. Saya sangat menyayangkan kejadian tersebut yang tidak memperhatian prinsip-prinsip kesejahteraan hewan. Apalagi itu hewan kurban,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga mengimbau agar pihak terkait mengambil tindakan tegas sesuai ketentuan yang berlaku. Di samping itu, harus ada pengawasan secara intensif agar kejadian tersebut tidak terulang kembali.

“Yang pasti, jangan sampai kejadian seperti di video yang viral itu terulang lagi. Selain tindakan tegas, pengawasan harus dilakukan agar dalam proses bongkar muat hewan, tidak melanggar ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.