Vaksinasi Covid-19 Jadi Perhatian Presiden, Tak Ingin Informasinya Disampaikan Tergesa-gesa

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah tengah berupaya memberantas Covid-19. Vaksinasi virus beralias corona itu pun menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kendati demikian, dia tidak ingin urusan vaksinasi Covid-19 tergesa-gesa. Menurutnya, penyampaian informasi kepada masyarakat harus dilakukan secara matang. Sehingga tidak menimbulkan polemik.

“Penyampaikan informasi ke  masyarakat tidak boleh tergesa-gesa. Karena ini menyangkut  persepsi di masyarakat. Jika komunikasinya kurang baik, bisa terjadi seperti UU (Undang-undang) Cipta Kerja,” kata Jokowi usai rapat terbatas membahas program vaksinasi di Istana Merdeka Jakarta Senin (19/10/2020).

Persiapan yang dimaksud mantan Gubernur DKI Jakarta itu antara lain informasi menyangkut halal dan haram vaksin, harga, kualitas, dan sistem distribusinya. Tak hanya itu,  implementasi di lapangan juga menjadi perhatian serius Jokowi.

- ADVERTISEMENT -

“Titik kritis vaksinasi Covid-19 adalah pada tahap implementasinya. Jangan anggap mudah. Penetapan pihak-pihak mana saja yang disuntik vaksin terlebih dahulu harus dipetakan. Kemudian juga wajib disampaikan ke publik kenapa pihak-pihak itu mendapatkan jatah vaksin lebih dahulu,” tegasnya.

Dia tidak ingin vaksinasi Covid-19 dipelintir. Sehingga memicu polemik di masyarakat.”Program vaksinasi gratis nanti menjadi urusannya Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Sedangkan untuk vaksinasi berbayar atau mandiri menjadi urusan Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara),” sebutnya.

Menurutnya, vaksin Covid-19 butuh perlakuan khusus. Bahkan antara satu merek dengan merek lainnya, penanganannya berbeda-beda. Mulai dari penyimpanan, proses distribusi dan lainnya.

“Saya sudah mendapatkan laporan untuk vaksin Covid-19 dari AstraZeneca diperkirakan tiba pertama kali bulan April tahun depan. Setiap bulannya Indonesia mendapatkan sebelas juta dosis. Dengan total seratus juta dosis. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.