UU Ciptaker Sudah Ditetapkan, DPRD Bontang Sebut Ada 58 Perda yang Diinventarisir

INTREN.ID, BONTANG – Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) telah ditetapkan. Pemerintah pusat pun mengeluarkan 45 peraturan pemerintah (PP) dan empat peraturan presiden (perpres) yang berkaitan dengan UU tersebut.

Badan Perumusan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bontang pun harus menginventarisir peraturan daerah (perda) yang ada. Inventarisir dilakukan untuk menyamakan persepsi dengan UU Ciptaker. Sehingga tidak ada pasal atau bagian yang bertentangan dengan UU tersebut.

“Kami telah melakukan pertemuan bersama dengan Bagian Hukum Pemerintah Kota Bontang. Total ada 58 perda yang akan diinventarisir. Nanti akan didalami lagi, pasal mana yang akan diganti atau dihilangkan,” kata Ketua Bapemperda DPRD Kota Bontang, Ma’ruf Effendy, Senin (22/3/2021).

Dijelaskannya, pihaknya akan membahas 58 perda terdampak terbitnya UU Ciptaker. Sebagai tahap awal, pihaknya melakukan pengkajian terlebih dahulu.

“Kami belum masuk pembahasan substansi, yakni mendalami PP dan perpres yang telah terbit, setelah itu baru masuk tahap pembahasan perda,” tutupnya. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.