Usai Jalani Pemeriksaan Selama 18 Jam, Pengacara Djoko Tjandra Langsung Ditahan Gegara Ini

INTREN.ID, JAKARTA – Anita Kolopaking, pengacara buronan kakap, Djoko Tjandra harus mendekam di balik jeruji besi. Dia ditahan usai diperiksa 18 jam lantaran diduga menjadi perantara antara Djoko Tjandra dengan Brigjen Prasetijo Utomo dalam pembuatan surat jalan palsu.

Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Awi Setiyono menjelaskan, pemeriksaan dimulai sejak Jumat pagi (7/8) sekitar pukul 10.30. Pemeriksaan baru selesai Jumat (8/8) pukul 02.00. Namun, karena masih dibaca ulang oleh tersangka, maka baru selesai pukul 04.00. ”Setelahnya penyidik memutuskan untuk menahan tersangka,” ujarnya.

Anita ditahan sesuai KUHAP. Ada tiga pertimbangan, yakni, agar tidak kabur, tidak merusak barang bukti, dan mengulangi perbuatannya.

Peran Anita dalam lolosnya Djoko Tjandra memang tidak sembarangan. Dia mengurusi kepentingan Djoko Tjandra di Indonesia. Mulai surat jalan, red notice, hingga dokumen kependudukan.

“Ke depan akan dilakukan gelar perkara kembali terkait gratifikasinya. Yang pasti akan mendalami tersangka lainnya dan peran tiap tersangka. Semua ini terkait, semua kepentingannya itu telah dikonfirmasi ke Djoko Tjandra,” jelasnya. (***)

 

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.