Usai Ikut Setukpa, Tujuh Personel Polda Kepri Jalani Karantina

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak tujuh calon perwira polisi di Polda Kepri dinyatakan berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Mereka menjalani karantina setelah dinyatakan reaktif Covid-19, pasca pengujian sampel darah menggunakan rapid test.

Tujuh personel itu tiba dari Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (SetukSpa Lemdikpol) di Sukabumi, Jawa Barat. Di mana sebelumnya 300 siswa di sana dinyatakan 300 positif Covid-19.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, masa karantina tersebut dilakukan selama 14 hari di RS Bhayangkara Polda Kepri. Karantina tersebut, dilakukan sesuai dengan protokol dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Telah dilakukan karantina, dan kondisi mereka saat ini dalam keadaan baik,” ungkapnya, Jumat (10/4/2020).

Pihaknya juga belum mengetahui daerah asal dari tujuh calon perwira tersebut. Namun, masih terus memberikan kegiatan sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, untuk memperbanyak konsumsi vitamin C dan Bit E, serta melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari secara langsung.

“Untuk rapid test, memang sudah dilakukan, hanya saja hasil tes swab-nya belum keluar, dan kita masih menunggu untuk kepastian,” kata Harry.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono, mengatakan, sebanyak 1.550 siswa Setukpa, telah menjalani rapid test. Dan sebanyak 300 dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Hal tersebut membuat 1.250 siswa lainnya harus dipulangkan ke daerah masing-masing, namun harus tetap menjalani isolasi mandiri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda daerahnya dengan pengawasan.

“Siswa (negatif) melaksanakan cuti dan mereka tetap menjalankan isolasi mandiri yang dilaksanakan di SPN jajaran selama 14 hari,” kata Argo.

Para siswa yang kini dinyatakan positif, rutin mendapat vitamin C melalui injeksi maupun tablet, serta rutin melakukan berjemur setiap pukul 10.00 WIB, selain pemeriksaan rontgen, olahraga ringan lainnya. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.