Uniba Diharapkan Dapat Memberikan Kontribusi Besar untuk Balikpapan, Buka Peluang Kerja Sama dengan DPD RI

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Keberadaan Universitas Balikpapan (Uniba) sebagai tempat berkumpulnya kaum intelektual merupakan modal penting bagi pembangunan Kota Minyak ke depannya. Berbagai gagasan dan ide lahir dari kampus.

Itulah mengapa, Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin berharap agar Uniba dapat memberikan kontribusi besar untuk bangsa dan negara, khususnya Balikpapan. Hal itu dia sampaikan saat berkunjung ke Uniba di Jalan Pupuk Raya, Selasa (20/10/2021).

“Saya berharap agar Uniba dapat berkontribusi besar terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, khususnya di Balikpapan. Dan bisa saja DPD RI ke depannya melakukan MoU (memorandum of understanding) dengan Uniba dalam hal berbagai kajian-kajian,” kata Mahyudin.

Pada kesempatan itu, Mahyudin melanjutkan kunjungan kerja Uniba yang disambut Rektor Uniba, Isradi Zainal di ruang Rektorat Uniba. Acara dilanjutkan di conference room Uniba.

Di hadapan para peserta yang terdiri dari para dekan, dosen, serta mahasiswa, Mahyudin memaparkan kinerja anggota DPD yang merupakan kamar ke dua setelah kamar satu, yakni DPR RI.

“Kalau di DPR RI ada sebelas komisi sedangkan di DPD RI ada empat komite yang selalu mengundang pihak kementerian untuk kegiatan rapat kerja atau dengar pendapat guna melakukan perbaikan-perbaikan dalam berbagai bidang,” kata senator asal Kabupaten Kutai Timur itu.

Di Uniba, Mahyudin juga membahas soal sentralisasi perizinan saat ini. Menurutnya kebijakan sentralisasi justru bisa menimbulkan tumpang tindih kepentingan. Bisa jadi bupati atau wali kota tidak setuju karena persoalan aturan tata kota daerah masing-masing yang tak sesuai dengan kepentingan daerah yang akhirnya dapat menimbulkan konflik.

“Kalau kita melakukan lagi upaya sentralisasi, maka sama saja kita mengulang dosa lampau, ini bisa tumpang tindih kepentingan dan akhirnya menyebabkan konflik,” tegas Mahyudin. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.