- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Ucapkan Selamat Idulfitri, Anies: Tahun Ini Takbir Tetap Menggema

10,097

INTREN.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merilis video ucapan selamat hari raya Idulfitri 1441 Hijriah, Sabtu (23/5/2020). Dalam video tersebut, Anies mengungkapkan kondisi masyarakat Jakarta di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

Kata Anies, Lebaran menjadi momen tahunan di mana masyarakat biasanya bertemu dan berkumpul memperkuat ikatan silaturahmi. Namun tahun ini berbeda lantaran pandemi Covid-19.

“Tahun ini berbeda, adanya pandemi membuat kita tidak bisa bertemu secara fisik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Dan kita harus menahan diri berada di rumah yang ini dilakukan oleh semua orang,” tutur Anies.

Kata dia, hal tersebut terpaksa dilakukan demi mengendalikan virus agar masyarakat semua keluar dari masa ini bisa menjadi penerus sejarah umat manusia. Menjadi generasi manusia yang lebih baik.

“Tetapi bukan berarti kata silaturahmi menjadi renggang. Justru ikatan silaturahmi harus menjadi semakin kuat, harus semakin erat,” tegas Anies.

Pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengajak semua pihak untuk merasa sepersaudaraan sesama umat manusia menghadapi ancaman pandemi yang sama. Kata dia, masyarakat Jakarta adalah sebuah keluarga besar, satu keluarga besar Jakarta.

Anies menyebut, ada sebagian dari masyarakat yang karena tanggung jawab dan pengabdiannya berada di medan tugasnya di lapangan. Apresiasi tahun ini diberikan kepada semua tenaga kesehatan yang telah bekerja tanpa kenal lelah, menyelamatkan masyarakat yang terpapar virus.

“Pada mereka kita sampaikan apresiasi dan terima kasih yang tak terhingga. Anda telah menjadi pertahanan kita yang memastikan bahwa setiap orang yang diantar ke rumah sakit akan bisa kembali ke keluarganya, berkumpul dengan keluarganya,” ungkap Anies.

Lebih lanjut dia berujar, di penghujung bulan suci Ramadan masyarakat biasanya menyaksikan takbir keliling yang mewarnai ibu kota. Tahun ini takbir itu tetap menggema tetapi tidak bergaung di jalan-jalan.

“Takbir itu kini bergaung di tiap-tiap rumah, di tiap-tiap ruang di dalam rumah kita. Di rumahku, takbirku. Kita gemakan kalimat takbir, kita gaungkan pesan takbir, tanpa kita harus berkeliling keluar rumah,” papar Anies.

Menurut dia, pahlawan dari perjuangan ini adalah orang-orang dan keluarga-keluarga yang terus tetap berada di dalam rumah. Untuk itu sebagai penutup, Anies mengucapkan selamat hari raya Idulfitri 1441 Hijriah.

“Minal aidin wal faizin. Taqobalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin,” pungkas Anies. (***)

Reporter: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.