- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Ucapkan Selamat Idulfitri 1441 Hijriah, Ini Pesan Presiden Jokowi

10,125

INTREN.ID, BOGOR – Hari raya Idulfitri 1441 Hijriah baru berlangsung Ahad (24/5/2020) besok. Tetapi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana sudah menyampaikan ucapan selamat hari raya Idulfitri, Sabtu (23/5/2020) dari di Istana Kepresidenan Bogor.

“Selamat hari raya Idulfitri 1441 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin,” kata Jokowi diikuti oleh Iriana.

Jokowi menyebut, hari raya Idulfitri tahun ini dirayakan dengan cara yang berbeda. Pasalnya sedang terjadi pandemi virus corona baru (Covid-19). Hal ini menurutnya menuntut pengorbanan semua pihak untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi dengan cara yang biasanya.

“Saya merasakan hal ini sangatlah berat. Tetapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara tentu lebih penting,” ujarnya.

Karena itu, keselamatan masyarakat yang harus menjadi prioritas bagi semua dalam perayaan Idulfitri tahun ini. “Saya yakin, bersama-sama kita bangsa Indonesia akan mampu melewati ujian berat ini,” sebut Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia itu sendiri tidak akan mengadakan gelar griya atau open house pada 1 Syawal 1441 besok. Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Jokowi juga meminta kepada seluruh menteri dan anggota Kabinet Indonesia Maju untuk tidak mengadakan acara gelar griya.

Namun dia tetap mendorong agar tradisi silaturahmi saat Lebaran terus dilakukan meskipun tidak berjumpa secara tatap muka. Menurut Jokowi, silaturahmi bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.