Tuntut Keterbukaan Publik, Diskominfotik Bontang Evaluasi Kinerja PPID

INTREN.ID, BONTANG – Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang mengevaluasi kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Senin (9/3/2020).

Kepala Diskominfotik Bontang, Dasuki mengatakan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jarang update website-nya. Bahkan ada OPD yang hingga kini belum pernah mengekspos informasi ke publik.

Padahal, lanjut dia, informasi hanya di-update pada website masing-masing OPD. Kemudian secara otomatis tampil di PPID website pemerintah di alamat bontangkota.go.id.

“Evaluasinya, tahun ini upload yang banyak. Isiannya harus penuh. Sehingga kita jadi kota informatif. Bukan menuju informatif,” tegasnya.

Dasuki menegaskan, era demokrasi menuntut adanya keterbukaan publik. Dia menerangkan, mulai dari surat undangan, dokumen resmi perencanaan, pelaksanaan proyek, hingga evaluasi pemerintah yang ada di setiap OPD.

- ADVERTISEMENT -

“Dari pemerintahan yang dulu serba tertutup, sekarang dipaksa terbuka. Karena prinsipnya, demokrasi itu ada ruang untuk publik,” tuturnya.

Dasuki berharap, PPID mengubah kinerjanya sebagai pemberi informasi publik. Dia mengimbau agar PPID rajin mengunduh data. Sebab, lanjut dia, presentasi Bontang sebagai kota informatif begitu tinggi.

Bontang, lanjut dia, berada pada urutan kedua sebagai kota paling informatif di Kaltim. Sedangkan pertama dan ketiga diduduki Samarinda dan Balikpapan.

Penilaian tersebut berdasarkan beberapa indikator dari Komisi Informasi. Di antaranya pengembangan website, mengumumkan, menyediakan, dan pelayanan informasi publik. Saat ini, Bontang berada pada nilai “Menuju Informatif” dengan angka 81-89. Sedangkan kategori kota informatif berada pada angka 90-100. Lalu, cukup informatif dengan nilai 60-80, kurang informatif 40-59, dan tidak informatif di bawah nilai 39.

“Target kita, 2020 kita tidak pada posisi menuju. Tapi sudah menjadi kota informatif,” tutur Dasuki. (***)

Penulis: Bambang
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.