Tren Video Singkat Merajalela, Berikut Ide Konten yang Worth-It

INTREN.ID, JAKARTA – Aplikasi pembuatan video pendek saat ini sedang digandrungi terutama di kalangan gen Y (milenial) dan gen Z. Selain itu, banyak artis populer juga telah membuat konten video pendek semacam ini untuk diunggah di media sosial lain seperti Instagram, untuk membuat video tersebut viral.

Terlepas dari popularitasnya, ada beberapa orang yang masih ragu, apakah video pendek itu sesuatu yang worth-it dilakukan? Berikut adalah beberapa ide konten untuk membuat video pendek kamu lebih bermakna!

 

Edutainment: Mengedukasi orang melalui hiburan

Siapa bilang kamu hanya bisa menunjukkan kegembiraan di video pendekmu? Pernah enggak sih kamu berpikir untuk membuat konten video yang edukatif? Kamu bisa loh melakukannya! Jangan biarkan platform membatasimu untuk mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain sebelumnya.

Ini adalah kesempatan emas bagimu untuk membagikan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya jika kamu adalah seorang dokter atau mengerti tentang perawatan medis, kamu bisa berbagi beberapa tips dan saran di video pendek kreatifmu.

Namun, kamu harus ingat bahwa apa yang kamu bagikan adalah sesuatu yang bisa kamu pertanggung jawabkan ya. Kamu ingin berbagi informasi untuk membantu orang lain, bukan malah membahayakan, bukan?

 

Menyalurkan Passion-mu di Media Sosial!

Jika kamu sudah melakukan sesuatu yang kamu sukai dan mendapatkan pengakuan oleh orang-orang di sekitarmu, atau ketika kamu baru mengeksplorasi passion-mu, kamu juga bisa menunjukan bakat tersebut secara online loh! Memperluas jangkauan ke berbagai platform media sosial akan memberikan peluang untukmu membangun komunitas online.

- ADVERTISEMENT -

Misalnya, jika kamu ahli dalam hal makeup, kamu bisa merekam dirimu saat sedang menggunakan makeup dan membuatnya menjadi kreasi video pendek yang kamu bagikan di media sosial. Salah satunya kamu bisa lihat Hena MakeUp di Likee. Dia mahir melakukan special effect makeup, dari penampilan imut yang simpel hingga riasan yang tampak menakutkan, Hena bisa melakukan semuanya.

Hena secara konsisten membagikan dirinya saat merias wajahnya dengan tema yang berbeda di setiap video, dan orang-orang sangat bersemangat untuk menunggu apalagi yang akan ditampilkan di video selanjutnya. Dengan membagikan passion-mu dalam bentuk video atau lainnya di media sosial, kamu dapat membuat orang belajar dan mendapatkan inspirasi dari kontenmu. Jadi, tak perlu ragu untuk melakukannya! Di mana ada kemauan disitu pasti ada jalan.

 

Kegiatan Promosi

Selain itu, konten video pendek juga dapat digunakan untuk kebutuhan promosi. Misalnya, banyak artis Indonesia telah mulai berkolaborasi dengan salah satu platform pembuatan video pendek Likee untuk mempromosikan lagu mereka. Salah satunya adalah Sarwendah, mantan anggota Cherrybelle yang memperkenalkan singlenya berjudul “Aku Kamu Kita” Agustus lalu.

Selain Sarwendah, penyanyi asal Bandung Hesty Klepek Klepek juga berkolaborasi dengan Likee untuk lagu yang baru-baru ini dirilis berjudul “Kita Putus Aja”. Dengan Dance-dhut sebagai genre lagu barunya, Hesty bahkan melakukan tantangan #KitaPutusAja pada Likee untuk mendorong orang untuk bersenang-senang bersama lagu barunya dengan tarian menarik yang dibuat khusus untuk lagu tersebut.

 

Tutorial

Konten tutorial step-by-step juga bisa menjadi ide bagus! Ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis konten, salah satunya adalah konten yang berhubungan dengan makanan. Terkadang, ketika orang melihat makanan yang enak di media sosial, mereka bertanya-tanya bagaimana cara untuk membuatnya? Jika kamu memiliki keterampilan memasak yang baik, mengapa kamu tidak mencoba membuat tutorial memasak? Seperti Riias’s Cook di Likee.

Dia membuat masak terlihat sederhana dan mudah dengan cara menunjukkan semua bahan dan memperlihatkan setiap langkah. Kontennya juga relevan karena dia memasak banyak makanan dan camilan asal Indonesia dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Kamu dapat mengambil kesempatan ini untuk menunjukkan kepada orang-orang apa yang kamu kuasai dan menjawab rasa ingin tahu yang selalu dimiliki orang-orang. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.