Traffic Light di Batam Dilengkapi Voice Announcer, Bisa Tegur Pelanggaran secara Langsung

INTREN.ID, BATAM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam terus meningkatkan fasilitas yang ada dan sarana prasaranaperhubungan lainnya guna meningkatkan kenyamanan seluruh penggunaan jalan. Salah satunya dengan penambahan Voice announcer yang telah terintegrasi dengan Area Traffic Control System (ATCS).

Penambahan ini diklaim memudahkan petugas untuk melakukan peneguran pelanggaran lalu lintas, meski tidak berada di lokasi. Kepala Dishub Batam Rustam Efendi mengungkapkan, voice announcer ini merupakan layanan terbaru yang masih terus ditingkatkan untuk bisa dimaksimalkan pemanfaatannya.

Di ruang kontrol, tampak beberapa petugas yang tengah memantau traffic light melalui layar komputer. Setiap orang mengawasi satu layar komputer yang terbagi menjadi empat petak. Tiap petak menunjukkan gambaran lokasi simpang yang berbeda.

“Adik sekolah yang tidak pakai helm, turun dari motor Dik. Panas Dik, panas. Yang bonceng tiga, turunkan dua-duanya,” begitulah kalimat yang terdengar dari petugas voice announcer melalui kantor Dishub Batam saat memberi peringatan kepada pengendara di simpang Seraya, Bengkong.

Tak hanya menyuruh turun penumpang yang tak mengenakan helm, suara perempuan tersebut juga rutin mengingatkan para pengendara untuk menaati aturan berlalu lintas.

- ADVERTISEMENT -

“Dinas Perhubungan Kota Batam mengimbau seluruh pengguna kendaraan agar tetap tertib, disiplin berlalu lintas, dengan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan,” sambung petugas tersebut.

Kata Rustam, untuk saat ini, telah ada 10 lokasi ATCS yang telah dilengkapi dengan voice announcer. Yaitu simpang Martabak Har Nagoya, lampu merah Sekolah Tinggi Ibnu Sina di Lubuk Baja, Simpang Seraya Atas, lampu merah Masjid Agung, simpang Poltek, simpang Kara, simpang KDA di Batam Centre, simpang Kabil, simpang Panbil Mukakuning, dan simpang Basecamp.

Rustam pun berharap meski tidak ada ATCS dan voice announcer, seluruh pengguna jalan di Kota Batam bisa tertib dan disiplin berlalu lintas. “Warga Batam harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, agar bisa selamat sampai tujuan dan menekan angka kecelakaan yang terjadi,” harapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.