TPS Harus Patuhi Protokol Kesehatan, Wali Kota Balikpapan Pantau Simulasi Pemungutan Suara

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang juga Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan memantau simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan KPU Balikpapan di RT 24 Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur, Sabtu (21/11/2020).

Simulasi ini dibuat dengan proses pemungutan dan penghitungan suara yang sesungguhnya. Salah satu faktor terpenting dalam simulasi ini adalah penerapan protokol kesehatan untuk mencegah potensi penularan Covid-19 sekaligus memberi rasa aman bagi masyarakat yang akan berdampak terhadap tingkat partisipasi pemilih.

“Protokol kesehatan ini sangat penting, jangan sampai terjadi klaster pilkada (pemilihan kepala daerah) menambah Covid-19. Karena itu protokol kesehatan menjadi tantangan yang harus dilaksanakan, jangan diabaikan. Para petugas di TPS (tempat pemungutan suara) juga diharapkan menjaga kondisi menjelang hari H,” ungkap Rizal.

Selain wajib menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, TPS juga menyediakan sarung tangan kepada para pemilih serta menerapkan jaga jarak. Kemudian sebelum tiba di TPS, pemilih wajib diukur suhu tubuhnya. Pada tahap ini, apabila warga yang diketahui memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celsius maka akan diarahkan di bilik yang terpisah. Hal ini dimaksud agar pemilih tetap dapat menyalurkan hak suaranya.

- ADVERTISEMENT -

“Kami menekankan dari sisi protokol kesehatan. Simulasi tadi sudah berjalan baik, seperti masyarakat diingatkan memakai masker dari rumah, membawa pulpen sendiri dan lainnya. Hanya saja sedikit catatan, pembagian sarung tangan agar dilakukan saat di ruang tunggu, tidak di dalam bilik, karena pemakaiannya memakan waktu,” ungkapnya.

Ketua KPU Balikpapan, Nor Thoha mengatakan, simulasi ini juga sebagai upaya bagi seluruh tim penyelenggara mulai dari PPK, PPS, dan KPPS untuk meyakinkan masyarakat bahwa pilkada siap digelar. Dengan waktu pemungutan suara yang semakin dekat maka persiapan terus dimatangkan.

“Dari simulasi ini kita berharap mendapatkan evaluasi-evaluasi lain dan pelaksanaan nanti bisa maksimal,” ungkapnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.