Total Anggaran Covid-19 Kaltim Mencapai Setengah Triliun Rupiah, Untuk Apa Saja

INTREN.ID, SAMARINDA – Penyebaran Covid-19 di Benua Etam memang mengkhawatirkan. Guna mencegah penyebaran virus beralias corona itu, pencegahan pun dilakukan. Salah satunya dengan menyediakan anggaran besar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim, Muhammad Sa’duddin mengatakan, total anggaran penanganan Covid-19 di Kaltim mencapai Rp 536,66 miliar atau lebih dari setengah triliun rupiah. “Anggaran penanganan Covid-19 tahun 2020 sebesar Rp 536,66 miliar,” kata Sa’duddin.

Dia menambahkan, anggaran tersebut terbagi menjadi dua alokasi anggaran. Pertama, peralihan anggaran di tubuh APBD Kaltim di awal pandemi sebesar Rp 36,66 miliar dan telah terealisasi sebesar 92 persen.

Anggaran tersebut digunakan untuk mempersiapkan dan perbaikan fasilitas kesehatan menghadapi wabah Covid-19 di Kaltim. Selain itu, juga dilakukan pengadaan alat pelindung diri (APD) dan reagen tes PCR guna mempermudah tracing kasus terkonfirmasi.

“Untuk alokasi yang bersumber dari pergeseran anggaran APBD, dari Rp 36,65 miliar, telah terealisir sebesar Rp 33,57 miliar, atau sebesar 92 persen,” jelasnya.

Alokasi kedua diambil dari belanja tidak langsung (BTT) di tubuh APBD Kaltim 2020 sebesar Rp 500 miliar.

Untuk realisasi BTT untuk penanganan Covid-19, hingga akhir September 2020 sebesar Rp 154,3 miliar atau 30,86 persen. “Realisasi yang BTT dari Rp 500 miliar teralisir Rp 154,3 miliar atau 30,86 persen,” paparnya.

Anggaran Rp 500 miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk perbaikan fasilitas di Lab Kesehatan Kaltim, bantuan dampak sosial ke masyarakat, insentif tenaga kesehatan, bantuan stimulan usaha, dan lain-lain.

Sa’duddin menegaskan, mata anggaran penyerapan terbesar pada belanja alat medis dan penyiapan sarana kesehatan, hingga bantuan dampak sosial. “Serapan macam-macam pengeluaran. Terbesar di antaranya alat medis dan bantuan sosial,” pungkasnya. (***)

Reporter: Wayout.id

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.