TMC Dinilai Sukses Tingkatkan Air Waduk, BP Batam Siap Memperpanjang

INTREN.ID, BATAM – Dalam penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dinilai telah berhasil meningkatkan tinggi muka air seluruh waduk di Kota Batam.

Hal tersebut membuat kepala BP Batam Muhammad Rudi yakin untuk memperpanjang kerja sama yang akan dilakukan oleh BP Batam hingga 30 hari lamanya.

Menurut Rudi yang juga menjabat sebagai Wali Kota Batam, setiap tahunnya Batam selalu menghadapi masalah yang sama dalam ketersediaan air baku. Sehingga langkah yang diambil tersebut diharapkan bisa menjadi solusi paten dari krisis air baku yang mengintai Kota Batam.

“Kalau tidak salah telah dimulai tanggal 11 Juni kemarin dan akan kami perpanjang hingga satu bulan ke depan,” ucap Rudi dalam pertemuannya bersama BPPT pada Kamis (18/6/20202) lalu.

- ADVERTISEMENT -

Perihal biaya yang dibutuhkan, terpisah Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan Batam Dendi Gustinandar mengungkapkan, melalui PP 51 Tahun 2018 tentang Tarif BPPT, dalam lampiran tersebut tertulis untuk biaya TMC dari BPPT di Wilayah Kepulauan Riau mecapai Rp 175.288.000,00,- per hari.

Dan apabila TMC tersebut dilakukan selama 30 hari, maka BP Batam harus menyiapkan biaya hingga Rp 5,2 milliar atau lebih tepatnya Rp 5.258.640.000. Semua anggaran dari pelaksanaan TMC BPPT itu akan ditanggung oleh BP Batam.

“Kalau angggaran tentunya anggaran BP Batam. Kami harapkan TMC memiliki hasil seoptimal mungkin, untuk bisa mencukupi kebutuhan air baku Kota Batam,” ucapnya singkat, Kamis (25/6/2020). (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.