Titik Rawan Longsor di Kota Balikpapan Bertambah, Safaruddin Imbau Semua Pihak Tingkatkan Kewaspadaan

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mengungkap adanya tiga titik rawan longsor. Penambahan lokasi rawan longsor itu berada di Kecamatan Balikpapan Utara, Kecamatan Balikpapan Kota, dan Kecamatan Balikpapan Selatan.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengingatkan, di tengah terjadinya musim penghujan, kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Utamanya daerah rawan longsor. Mengingat kejadian tersebut berpotensi menyebabkan kerugian materiil dan korban jiwa. Kendati demikian, dia meminta masyarakat tidak panik.

“Waspada itu harus, tapi tidak boleh panik. Pengawasan terhadap titik rawan longsor harus rutin dilakukan, khususnya saat terjadi hujan. Langkah antisipasi harus dilakukan agar tidak menimbulkan korban jiwa. Jika dianggap membahayakan, sebaiknya dilakukan evakuasi warga,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk aktif melaporkan kepada stakeholders terkait jika menemukan potensin bencana di lingkungan sekitarnya. Hal itu perlu dilakukan agar ada langkah antisipasi demi mencegah timbulnya korban.

“Melalui partisipasi masyarakat, kita dapat mencegah dampak dari terjadinya bencana alam seperti tanah longsor. Di samping itu, pihak terkait juga harus intensif melakukan sosialisasi tentang penanganan bencana, kalau perlu ajak masyarakat untuk menggelar simulasi,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Diberitakan, titik rawan longsor baru terletak di Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota. Kemudian ada juga di Jalan Pelita, Kecamatan Balikpapan Selatan, serta Perumahan Batu Ratna, Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara.

Dari data BPBD Kota Balikpapan, saat ini untuk wilayah Kecamatan Balikpapan Timur ada tiga titik genangan rawan banjir. Di Kecamatan Balikpapan Selatan, terdapat 31 titik rawan banjir dan longsor. Lalu, di Kecamatan Balikpapan Tengah, ada enam RT rawan banjir, dan lima RT rawan longsor. Untuk Kecamatan Balikpapan Kota terdapat 16 RT titik rawan banjir dan 6 RT rawan longsor. Untuk kawasan Balikpapan Barat ada dua RT. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.