Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u9471944/public_html/intren.id/wp-content/themes/publisher/includes/libs/bs-theme-core/theme-helpers/template-content.php on line 1178

Tips Fotografi Drone yang Wajib Kamu Tahu

INTREN.ID, JAKARTA ­– Zaman sudah canggih. Untuk mengambil gambar dari udara, tidak perlu naik pesawat dulu.

Sekarang sudah ada drone. Tinggal kendalikan, terbang, lalu ambil gambar. Sangat simpel.

Kendati demikian, ada beberapa tips fotografi menggunakan drone yang patut dicoba. Tujuannya tentu untuk mendapatkan hasil yang baik.

Cek UAV Forecast

Di fotografi drone, selain cuaca, kamu juga perlu mengetahui UAV Forecast pada hari diterbangkannya drone. Indikator ini dapat menjadi informasi untuk mengetahui sejauh mana drone dapat diterbangkan, perubahan cuaca yang mungkin terjadi, dan seberapa banyak satelit GPS yang aktif di sekitar area, serta beberapa informasi penting lainnya. Dengan mengecek situasi UAV Forecast, dapat membantu kamu untuk melakukan perencanaan foto yang lebih matang dan efisien.

Selalu Foto dalam Format RAW

Data RAW sangatlah besar dan memakan banyak memori penyimpanan. Namun, format digital RAW akan memberikan kebebasan dalam proses pengolah gambar nantinya. Dengan cara ini akan mendapatkan data gambar terlengkap yang diterima oleh sensor kamera.

Detail dan resolusi gambar yang tidak terkompres ini termasuk lebih banyak level kecerahan yang membuat bisa mendapatkan exposure lebih baik dan melakukan pengaturan warna secara natural.

Manfaatkan Panduan Grid untuk Komposisi Foto

Rata-rata drone memiliki jam terbang efektif selama 20 sampai 30 menit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan komposisi yang tepat dalam waktu cepat kamu perlu menggunakan panduan grid di layar remote control untuk mendapatkan komposisi yang akurat.

Hal ini juga dapat membantu mengurangi proses croping yang tidak diinginkan saat mengediitnya. Selain untuk melakukan fotografi aerial, drone juga kerap digunakan untuk merekam video aerial.

Gunakan ISO Rendah

Ada baiknya menggunakan pengaturan ISO yang rendah saat foto menggunakan drone pada siang hari. Saat kondisi cuaca sedang berangin dengan cahaya yang kurang, sebaiknya kamu membuka bukaan rana lebih lebar dan gunakan kecepatan rana yang lebih lambat (1/6 detik cukup).

Hal ini dilakukan agar sensor menerima cahaya yang cukup tanpa harus menggunakan ISO tinggi untuk menjaga gambar tetap tajam.

Gunakan Teknik Foto Panorama

Kamera drone pada umumnya memiliki angka megapiksel yang kecil pada sensornya. Oleh karena itu, jika menginginkan hasil foto dengan resolusi yang besar bisa menggunakan teknik foto panorama.

Beberapa drone seperti DJI Spark memiliki mode Panorama di dalamnya. Teknik ini dapat membuat kamu mendapatkan resolusi yang baik dan menjaga detail penting dari sebuah foto. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.