Tingkatkan Kualitas Tenaga Kerja Lokal, Komisi I DPRD Bontang Dorong Pemprov Kaltim Hibahkan BLKI

INTREN.ID, BONTANG – Komisi I DPRD Bontang mendorong pengelolaan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) yang berada di kawasan Bontang Lestari, yang sebelumnya di bawah naungan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kaltim, agar dihibahkan ke Bontang. Hal tersebut disampaikan anggota komisi I, Muhammad Irfan.

“Rencananya Komisi I DPRD Bontang yang membidangi masalah ketenagakerjaan akan mengunjungi Disnaker Kaltim untuk membicarakan prosedur hibah BLKI,” ujarnya, Rabu (3/3/2021).

Irfan mengatakan, jika dikelola Disnaker Bontang, maka pengelolaan BLKI akan lebih optimal dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal. Irfan menilai, BLKI saat ini jarang melakukan kegiatan pelatihan. Sementara fasilitas di BLKI cukup lengkap.

Dengan dihibahkannya ke Bontang, dirinya optimistis pelatihan rutin dan fasilitas yang memadai dapat ditingkatkan, sehingga dapat menyiapkan tenaga kerja lokal yang andal.

“Tidak menutup kemungkinan jika kualitas SDM (sumber daya manusia) kita bagus, akan banyak dilirik oleh perusahaan,” ucapnya.

Diketahui, Komisi I DPRD Bontang sebelumnya telah berkunjung ke Disnaker Kaltim terkait agenda yang sama. Namun belum kunjung terealisasi.

Dia berharap, di jajaran pemerintahan baru ke depan, Pemkot Bontang bersama Komisi I DPRD Bontang bisa menindaklanjuti proses ini sehingga Pemprov Kaltim bisa menghibahkan BLKI untuk dikelola Bontang. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.