- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Tingkatkan Estetika Kota, Pemko Batam Tambah Ruang Publik seperti Dataran Engku Hamidah

INTREN.ID, BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam terus berupaya menambah ruang publik dan meningkatkan estetika kota. Salah satunya menata lokasi eks SPBU yang terletak di samping Jalan Layang Laluan Madani hingga di depan kawasan Imperium Batam dengan menjadikannya sebagai ruang publik.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Yumasnur mengungkapkan, peningkatan ruang publik dan estetika kota sesuai arahan Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Infrastruktur dan estetika kota yang baik akan mendukung ikhtiar meningkatkan potensi pariwisata Batam.

“Lokasi tersebut akan dikembangkan menjadi taman dilengkapi lampu hias yang akan kami pasang secara bertahap,” kata Yumasnur, Selasa (7/7/2020).

Untuk pengerjaannya, BDM SDA telah menurunkan alat berat guna mempercepat proses pembangunan tersebut. “Kegiatan ini sudah mulai dilakukan. Ke depan, kami harap lokasi ini juga digandrungi warga seperti Dataran Engku Hamidah yang belum lama ini diresmikan,” ungkapnya.

Dataran Engku Hamidah merupakan kawasan teranyar yang digandrungi warga dan wisatawan di Batam. Lokasinya tepat berada di depan Hotel Green Rose Jalan Raja Haji Fisabilillah, membuat lokasi tersebut sangat mudah diakses dan dijumpai.

- ADVERTISEMENT -

Di lokasi tersebut dilengkapi lampu warna warni dan setiap malamnya tak pernah sepi pengunjung yang memanfaatkannya untuk berfoto ria hingga menikmati waktu santai bersama keluarga. Di lokasi juga bersiaga personel Satpol PP Batam untuk menjaga ketertiban. Mereka juga ikut serta mengingatkan warga agar tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Lokasi ini masih akan kami kembangkan, lampu-lampunya akan ditambah,” ujarnya.

Yumasnur menambahkan, kawasan pinggir jalan dari Laluan Madani, Simpang BNI hingga ke Simpang Vihara juga akan ditata. “Kegiatan ini salah satunya seiring peningkatan sektor pariwisata Batam,” kata Yumasnur.

“Kami berharap tidak hanya sekadar menghias kota, tetapi juga bisa menjadi daya tarik baru wisata Kota Batam. Jadi tempat selfie (swafoto) bagi anak muda atau wisatawan,” ucap Yumasnur yang menirukan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, kala peresmian Dataran Engku Hamidah. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.