Tiga Tempat Ini Berpotensi Tinggi Penularan Corona di Masa New Normal

INTREN.ID, BONTANG – Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menyebut para pelaku perjalanan memiliki risiko tinggi untuk terinfeksi virus corona. Baik dari daerah asal mereka maupun saat dalam perjalanan. Selain itu, risiko terinfeksi lainnya juga dapat terjadi saat bertemu dengan orang banyak tanpa menjalankan protokol kesehatan.

“Berdasarkan penelitian, memasuki era kenormalan baru ini ada beberapa titik yang harus diwaspadai karena berpotensi menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” kata Kepala Diskes Bontang, dr Bahauddin.

Pertama yakni kantor. Menurutnya agar tetap bisa bekerja secara produktif, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya tetap menjaga jarak dengan pengaturan kepadatan orang dalam ruangan, menggunakan masker sebagai pengaman kontak dengan orang lain, dan mengatur sirkulasi udara.

“Penggunaan pendingin udara sebaiknya tidak dilakukan terus menerus, bisa digunakan di jam-jam tertentu. Serta diupayakan setiap hari udara diganti dengan udara segar,” jelas Bahauddin.

- ADVERTISEMENT -

Kedua, tempat yang berpotensi besar menjadi sarana penularan virus corona yaitu rumah makan atau restoran. Kata dia, penularan di rumah makan dipengaruhi oleh kepentingan dan waktu yang bersamaan.

“Pada jam-jam tertentu, terjadi penumpukan pembeli sehingga praktik jaga jarak sulit dilakukan,” sebutnya.

Dan lokasi yang ketiga adalah sarana transportasi massal. Kata Bahauddin, risiko penularan di transportasi massal dikarenakan minimnya jaga jarak aman dan tidak patuhnya pengendara menggunakan masker selama berada di kendaraan. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.