Tiga Provinsi Diguncang Gempa Siang Ini, Warganet: Kayak Ada Tronton Lewat

INTREN.ID, JAKARTA – Gempa bumi kembali terjadi Selasa (7/7/2020) siang. Setelah pada pagi hari menggetarkan tiga pulau, kali ini bahkan terjadi dua kali gempa yang masih berpusat di seputar Pulau Jawa. Tiga provinsi di bagian barat Pulau Jawa merasakan dampaknya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, tercatat ada dua kali gempa bumi berkekuatan cukup besar hingga skala IV (Modified Mercalli Intensity). Gempa pertama bermagnitudo 5,4 terjadi sekira pukul 11.44 WIB, dengan pusat gempa berada 18 kilometer barat daya Rangkasbitung, Banten. Pusat gempa dengan kedalaman 82 kilometer ini berlokasi spesifik di koordinat 6.69 LS dan 106.14 BT.

Getaran berskala III hingga IV MMI dirasakan di Lebak. Sementara di Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, dan Sukabumi, getarannya berskala III MMI. Getaran juga dirasakan hingga ke Jakarta, Depok dan Bandung dengan kekuatan skala II-III MMI, serta di Tangerang Selatan dengan skala II MMI.

Warganet pada daerah yang terkena dampak pun menumpahkan kekagetannya atas gempa tersebut di media sosial, salah satunya di instagram.

Kerasaaa banget di jakarta, posisi aku lagi baring di lantai,tau tau bergetarr kaya ada tronton lewat 😭 ya allah moga baik baik sajaa,” tulis akun @ukhtyfillah93.

- ADVERTISEMENT -

Pamulang Tangerang Selatan, berasa goyang, orang tengok2an,” tulis akun @yudhasakti21

Seakan belum cukup, gempa kedua bermagnitudo 5,0 terjadi sekira pukul 12.17. WIB. Koordinatnya 9.42 LS dan 107.27 BT, atau 234 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar). Dengan kedalaman 10 kilometer.

Namun begitu sebagaimana diinformasikan BMKG melalui akun resmi instagramnya di @infobmkg, kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Adapun untuk informasi kekuatan gempa, getaran berskala II MMI yaitu dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran berskala III MMI yaitu terasa nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian getaran berskala IV MMI pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.