Tiga Hari PPDB Daring Dibuka, 70 Persen Pendaftar SMPN 3 Batam dari Jalur Prestasi

INTREN.ID, BATAM – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring masih terus menjadi perbincangan oleh para orang tua calon siswa. Karena sulitnya mengeakses laman web resmi PPDB, Jumat (12/6/2020).

Namun setelah tiga hari dibukanya proses pendaftaran tersebut, SMPN 3 Batam yang berlokasi di Kecamatan Sekupang telah menerima puluhan calon siswa. Lebih dari 70 persennya masuk melalui jalur prestasi.

Kepala Sekolah SMPN 3 Batam Wiwik Darwiyati mengungkapkan, jumlah tersebut barulah hasil pendaftaran dari tiga hari berjalan. Dengan jumlah calon siswa yang telah diterima mencapai 26 orang.

Dijelaskan, untuk tahun 2020 ada pembagian kuota dalam PPDB. Yang pertama jalur zonasi 50 persen, jalur Afirmasi lima belas persen, jalur perpindahan orang tua sebesar lima persen dan jalur prestasi sebesar tiga puluh persen.

“Untuk SMPN 3 Batam, mampu menampung sebanyak 320 siswa untuk 10 rombongan belajar (Rombel),” ucap Wiwik.

- ADVERTISEMENT -

Meskipun di hari ketiga baru menerima calon siswa dengan jumlah hanya delapan persen dari kuota siswa, Wiwik tetap optimistis kuota siswa di sekolah tersebut mampu terpenuhi di akhir waktu pendaftaran nanti.

“Saat ini masih banyak calon orang tua siswa yang juga belum menggunggah berkas pendaftaran, karena SD juga belum mengumumkan kelulusannya,” ungkap Wiwik.

Bahkan beberapa calon orang tua siswa juga ada yang mendatangi sekolah karena khawatir sang anak tidak diterima dan juga untuk yang menyampaikan keluhan lainnya. Atas hal itu Wiwik pun berpesan kepada orang tua calon siswa untuk tetap bersabar karena waktu yang tersedia masih sangat panjang.

“Bisa mendaftar di waktu senggang atau tunggu hingga satu pekan di akhir nanti. Karena yang saat ini mendaftar untuk calon siswa dari SD dan juga SMP dengan jumlah ribuan,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.