Tiga Hari Diburu, Buaya 3,9 Meter Ditangkap di Teluk Lombok, LKK Berharap Dukungan Pemerintah

INTREN.ID, SANGATTA – Kecemasan wisatawan terkait keberadaan buaya di Pantai Teluk Lombok, Desa Sangkima, Kecamatan Sangatta Selatan mulai terobati. Minggu (27/11/2022) sekira pukul 02.00 Wita, seekor predator berdarah dingin berhasil ditangkap warga.

Dimotori Laskar Kebangkitan Kutai (LKK), warga rela bertaruh nyawa memburu reptil bertubuh besar dengan panjang sekira 3,9 meter itu. Butuh waktu sampai tiga hari untuk menangkap makhluk buas tersebut. Itu pun dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Pencarian (dilakukan) tiga hari, didapat tadi (Minggu, Red.) Subuh sekira pukul 02.00 Wita lewat. Evakuasi sampai pukul 05.00 Wita. Proses penangkapan dilakukan anggota LKK,” kata Ketua LKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Rony Efendy.

Dia berharap, Pemkab Kutim dapat memfasikitasi upaya penangkapan buaya, yang disinyalir lebih dari satu. Mengingat Pantai Teluk Lombok selalu ramai dengan wisatawan. Jika tidak segera diambil tindakan nyata, dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat.

“Harapan kami ke depan, sesuatunya bisa dibantu dari pihak pemerintah tanpa dipersulit. Buaya ini tidak kita bunuh, melainkan kami serahkan ke pihak terkait untuk dievakuasi ke habitat yang jauh dari masyarakat,” tambah Rony.

Kabar penangkapan buaya tersebut sontak menggegerkan warga. Mereka yang mendengar berita penangkapan hewan itu, berbondong-bondong mendatangi Pantai Teluk Lombok.

Perburuan itu dilatarbelakangi keresahan warga. Sebelumnya, Minggu (20/11/2022), seorang bocah 7 tahun tewas usai diterkam buaya saat berenang di Pantai Teluk Lombok, sekira pukul 15.30 Wita. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

TONTON VIDEONYA

Get real time updates directly on you device, subscribe now.