Tiga Gempa Bumi Mengguncang Awal Pekan, Ini Daerah yang Bergetar

INTREN.ID, JAKARTA – Tiga gempa bumi kembali terjadi di hari pertama awal pekan ini, Senin (13/7/2020). Getarannya dirasakan tiga daerah dalam waktu yang berbeda.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi pertama terjadi sekira pukul 02.50 WIB. Berkekuatan magnitudo 5,2 berkedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa 105 kilometer barat daya Bantul, Yogyakarta.

Getaran dirasakan di Bantul dan beberapa daerah di sekitarnya. Meliputi Pacitan, Purworejo, Yogyakarta dan Wonogiri.

Gempa kedua terjadi di Sumatra, tepatnya di wilayah Aceh. Gempa terjadi sekira pukul 07.58 WIB, dengan kekuatan magnitudo 5.5, berkedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berada 121 kilometer barat daya Banda Aceh, Aceh.

Getaran dirasakan di daerah Banda Aceh dan sekitarnya, yang sempat membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan perihal kerusakan yang disebabkan gempa.

Gempa ketiga terjadi sekira pukul 09.08 WIB, kali ini di wilayah Maluku. Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 dengan kedalaman 114 kilometer, dengan pusat gempa 151 kilometer barat laut Maluku Tenggara Barat atau Kepulauan Tanibar.

BMKG menyatakan ketiga gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Dalam keterangan resminya, BMKG meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” tulis akun @infobmkg di instagram. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.