Tetap Optimistis, Berikut Mempertahankan Bisnis di Tengah Hantaman Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Meskipun wabah Covid-19 alias corona membuat resah, bukan berarti akan meruntuhkan semangat kita untuk menjalankan bisnis. Sudah pasti bisnis harus tetap jalan agar dapur tetap ngepul.

Bagi para pebisnis, kondisi ini boleh jadi sebuah tantangan. Maklum, banyak pengusaha yang meliburkan karyawan atau bahkan menutup bisnisnya.

Namun bukan berarti kita harus pesimistis. Harus tetap optimistis donk. Berikut cara yang bisa dilakukan agar bisnis tetap bertahan di tengah badai virus beralias corona itu.

  1. Mengerjakan secara online

Sejak social distancing alias pembatasan sosial diberlakukan, banyak yang bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Akhirnya, aktivitas pun dilakukan secara online.

So, tidak ada salahnya jika memanfaatkan peluang ini. Anda bisa mengalihkan bisnis yang tadinya hanya offline, menjadi online. Jika berjualan makanan, jualan baju atau barang, cobain untuk bermitra dengan ojek online atau memakai jasa kurir.

Yang pasti, kita harus pintar-pintar mencari peluang bagaimana mengubah bisnis offline menjadi online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

 

  1. Gunakan keahlian yang bisa ditawarkan secara online

Jika tidak menemukan cara untuk menjalankan bisnis secara online, coba carilah keahlian atau skill yang bisa ditawarkan jasanya secara online.

Misalnya memiliki bisnis makanan. Kali ini, coba tawarkan kursus berupa video tentang cara memasak makanan lezat. Atau jika fotografer, cobalah membuat tutorial tentang tips-tips dasar seputar dunia fotografi.

Banyaklah menjual informasi yang jarang diketahui akan sangat disukai.

 

  1. Pertahankan brand loyality

Ketika bisnis menurun, cobalah cari tahu hal apa yang konsumen. Pastikan Anda bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam berbisnis, ada yang namanya brand loyalty. Artinya Anda punya konsumen yang sangat loyal terhadap brand Anda meskipun keadaan lagi sulit. Anda harus cari cara untuk meningkatkan kelebihan ini.

Anda harus sadar, jika bisnis offline mulai tidak menghasilkan, jangan menunda-nunda dan segeralah mencoba untuk menjalankan bisnis secara online. Sehingga pendapatan tidak berhenti begitu saja. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.