Terus Menanjak, Kasus Corona Bertambah Seratus Lebih Setiap Hari

Pemerintah Distribusikan APD ke Seluruh Provinsi

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah mengonfirmasi 129 kasus baru positif virus corona (Covid-19) per Senin (30/3/2020). Sehingga jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia kini menjadi 1.414 orang.

Dari jumlah tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat 122 orang meninggal dunia sementara 75 orang sembuh.

“Penularan di luar masih terjadi, kasus positif masih bertambah, saya mengingatkan kembali untuk jaga jarak,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.

Kata dia, pasien yang sembuh bertambah 11 kasus. Sedangkan yang meninggal bertambah 8 kasus.

Yurianto mengatakan pemerintah telah melakukan pengadaan 191.666 set alat pelindung diri (APD). APD ini nantinya didistribusikan ke seluruh provinsi serta rumah sakit yang membutuhkan untuk penanganan Covid-19.

Selain APD, pemerintah juga melakukan pengadaan 12.272.500 masker bedah dan 133.640 masker N95 serta 425.000 rapid test. Semuanya telah didistribusikan ke seluruh provinsi.

Pemerintah, kata dia, telah berupaya secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam penanganan wabah Covid-19. Karena itu, pemerintah mengharapkan dukungan masyarakat dengan membudayakan pola hidup bersih dan sehat dengan sering mencuci tangan dengan sabun.

Sementara itu, ia juga mengatakan bahwa Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet saat ini sudah beroperasi dan telah merawat 411 orang. Kemudian, rumah sakit rujukan nasional juga sudah disiapkan dengan penambahan ruang isolasi bertekanan negatif sebanyak 1.967 unit. 

“Ini adalah upaya yang masih akan terus kita lakukan bersamaan dengan semakin bertambahnya kasus yang kita dapatkan,” sebut Yurianto. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.