Terus Bertambah, Kasus Corona di Batam Sudah Mencapai 170 Pasien

INTREN.ID, BATAM – Pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Batam kembali bertambah. Salah satunya berasal dari klaster HOG Eden Park. Ini diketahui setelah Tim Pencegahan Covid-19 Batam melakukan tracing pada pasien nomor 49 dan 82, Jumat (12/6/2020).

Pasien yang kini ditetapkan sebagai nomor 170 tersebut berinisial M (33) seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang beralamat di wilayah Pulau Kubung, Kelurahan Ngenang, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

M merupakan istri dari terkonfirmasi pasien nomor 155 yang merupakan pengembangan penyelidikan epidemiologi (PE) lebih lanjut terhadap klaster HOG Eden Park. Setelah mertuanya dinyatakan terkonfirmasi positif nomor 129 dan 130.

Satu hari sebelumnya pada Kamis (11/6/2020), kasus Covid-19 juga bertambah empat pasien yang terdiri dari seorang ASN Instansi Vertikal Kementerian Kesehatan RI berinisial I (52) yang merupakan kasus baru re-infeksi Covid-19 nomor 166. Sebelumnya I merupakan pasien nomor 23 yang telah dinyatakan sembuh pada tanggal 21 April 2020 lalu.

Kemudian pasien bernomor 167 berinisial AS (42), pedagang pasar Toss 3000 Sei Jodoh. AS adalah rekan pedagang yang sebelumnya ditetapkan positif corona terkonfirmasi nomor 151.

Ketiga pasien tersebut telah dirawat di RSKI Covid-19 Galang Kota Batam, untuk bisa mendapatkan perawatan secara intensif oleh tim medis.

Pasien berikutnya yaitu ASN Guru SDN Batam berinisial I (50) beralamat di Perumahan Baloi Ditpam OB, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam, Kota Kota Batam. I ditetapkan sebagai pasien nomor 168.

- ADVERTISEMENT -

Dari penyidikan yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Batam, I pada tanggal 4 Juni 2020 berobat ke UGD salah satu rumah sakit swasta di kawasan dekat tempat tinggalnya. Dengan keluhan demam naik turun, nyeri menelan disertai batuk sudah sejak sebulan sebelumnya.

Sesuai dengan keluhannya tersebut selanjutnya dilakukan pemeriksaan rontgen. Dengan kondisi yang cukup stabil, kini I berada di rumah sakit tempatnya dirawat.

Dan yang terakhir, pasien bernomor 169 berinisial M (57) yang merupakan seorang penjual jamu gendong, beralamat di Perumahan Ruli Muara Takus, Kelurahan Seraya, Kecamatan Batu Ampar, Kota Kota Batam.

M merupakan teman satu kos dari terkonfirmasi positif nomor 161. Sempat berobat ke UGD salah satu rumah sakit swasta di kawasan dekat tempat tinggalnya pada tanggal 7 Juni 2020.

Keluhannya meriang disertai rasa mual dan tidak nyaman di ulu hati serta badannya terasa pegal-pegal. Kini M telah dalam rujukan ke RSKI Covid-19 Galang Kota Batam.

Dengan demikian kini ada sebanyak 82 pasien yang masih menjalani isolasi di rumah sakit rujukan di Batam. Dengan jumlah pasien mencapai 170 pasien, dengan rincian 23 orang dalam pengawasan (ODP), 113 orang tanpa gejala (OTG), termasuk 1 terinfeksi dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 33 orang. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.