Terulang Kembali, Prajurit TNI Dihukum Akibat Ulah Istri di Medsos

INTREN.ID, JAKARTA – Seorang prajurit TNI kembali berurusan dengan hukum lantaran ulah sang istri. Kali ini prajurit TNI dari Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya) berpangkat Sersan Mayor (Serma) berinisial T dikenai hukuman disiplin 14 hari penahanan akibat unggahan istrinya di media sosial (medsos).

“Menjatuhkan hukuman disiplin militer kepada Sersan Mayor T berupa penahanan ringan sampai dengan 14 hari, karena tidak menaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali, tentang larangan penyalahgunaan media sosial oleh prajurit TNI AD dan keluarganya,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Kolonel Inf Nefra Firdaus, Senin (18/5/2020).

Kata dia, keputusan itu diambil usai sidang yang dipimpin KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Sidang juga mendorong proses hukum terhadap istri Sersan Mayor T berinisial SD. Namun begitu tidak dijelaskan apa yang dilakukan SD di media sosial hingga membuat dirinya dan suami berurusan dengan hukum.

“Mendorong proses hukum terhadap saudari SD dalam kapasitasnya sebagai anggota Persatuan Istri TNI AD atas dugaan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” terang Nefra.

- ADVERTISEMENT -

Sidang disiplin terhadap Serma T dilakukan pada Senin ini yang dipimpin Komandan Rindam Jaya sebagai atasan yang berhak menghukum Serma T di Mako Rindam Jaya. Serma T dinyatakan melanggar Pasal 1 dan 8 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2014 tentang hukum disiplin militer.

Serma T juga melanggar kode etik Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI serta ST Bapak Kasad Nomor 3029/2018 tentang penggunaan media sosial dan ST KSAD Nomor 2020/2020 tentang penggunaan media sosial dan keluarga.

Rumor yang beredar, SD mengunggah kalimat yang mendoakan rezim pemerintah tumbang sebelum akhir 2020. “Mugo rezim ndang tumbang sblm akhir tahun 2020,” tulis SD dalam bahasa Jawa. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.