Terkendala Daftar PPDB Daring, Disdik Batam Minta Orang Tua Calon Siswa Bersabar

INTREN.ID, BATAM – Hingga hari ketiga dibuka, Jumat (12/6/2020), masih banyak calon orang tua siswa yang mengeluhkan sulitnya mengakses laman web pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring atau online.

Salah satunya Ela, warga Sungai Beduk yang akan mendaftarkam anak bungsunya. Sayangnya, sejak Kamis (11/6/2020) kemarin hingga saat ini belum bisa mengakses laman pendaftaran tersebut.

“Tulisannya masih sama, katanya penuh. Udah coba berkali-kali dari kemarin, tetapi masih juga enggak bisa masuk,” ucap Ela.

Diketahui, situs PPDB Daring yang beralamat https://peserta.ppdb-batam.id/ masih saja menampilkan ‘SAAT INI SERVER SEDANG PENUH DENGAN PENGUNJUNG MOHON UNTUK MENUNGGU BEBERAPA SAAT LAGI. Can not create more sessions: [Max= 1200, Current= 1271] Restart application’.

Keluhan ini mendapat tanggapan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Batam Hendri Arulan. Kata dia, sudah menjadi kewajaran apabila pada awal waktu pembukaan pasti akan ramai pengunjung. Pasalnya pendaftaran ini sudah dinantikan oleh calon orang tua siswa.

Dijelaskan, banyak hal yang membuat situsnya masih sulit untuk diakses. Salah satunya pengunjung yang telah mencapai batas hingga user yang masih belum memahami laman web secara utuh. sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pendaftaran.

- ADVERTISEMENT -

Belum lagi jika ada user yang salah mengisi data diri sehingga akan lebih lama berada di website tersebut. “Harap sabar, biasanya ini hanya terjadi di awal waktu saja,” ucap Hendri.

Yang perlu diingat, sambungnya, calon siswa yang telah melakukan pendaftaran di awal waktu tidak memiliki prioritas untuk diterima. Karena semua harus mengikuti aturan yang ada. Kemudian waktu pendaftaran yang diberikan juga cukup panjang hingga tanggal 26 Juni mendatang.

Seiring banyaknya yang telah selesai melakukan pendaftaran, maka pengunjung laman web juga akan semakin menurun. Sehingga akan lebih mudah untuk mengaksesnya.

“Jadi orang tua harus lebih bersabar dan jangan panik. Kami juga telah ada posko PPDB di Kantor jika ada yang memerlukan bantuan,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.