- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Tempat Wisata di Bontang Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

INTREN.ID, BONTANG – Tatanan kenormalan baru atau New Normal membuat tempat wisata dan Tempat Hiburan Malam (THM) yang ada di Bontang kembali dibuka. Sebelumnya beberapa fasilitas umum juga telah dibuka terlebih dahulu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang. Salah satunya adalah sarana olahraga umum, Stadion Bessai Berinta atau akrab disebut Langlang.

Meski begitu, Pemkot melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait memberlakukan protokol kesehatan terhadap pengunjung yang akan masuk ke stadion. Di antaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu, membatasi jumlah pengunjung dan jam masuk stadion, serta meniadakan olahraga tim seperti sepak bola.

Selain membuka sarana umum, belum lama ini Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) juga telah membuka kembali tempat wisata dan THM.

Kepala Dispopar Bontang, Bambang Cipto Mulyono mengatakan, kembali dibukanya objek wisata seperti Beras Basah setelah dilakukan berbagai pertimbangan. Di antaranya adanya imbauan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Selain itu dari hasil sosialisasi yang gencar dilakukan, para pengelola tempat wisata dan asosiasi kapal juga bersepakat dan berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

- ADVERTISEMENT -

“Melihat perkembangan di lapangan, semuanya sudah bisa disiapkan dan dibuka. Kami tetap minta pengelola wisata untuk mengikuti protokol. Dalam dua pekan sekali akan dievaluasi bersama tim gabungan,” ujar Bambang belum lama ini.

Selain itu kata dia, jumlah pengunjung juga akan dibatasi. Terlebih untuk objek wisata Beras Basah, karena jumlah penumpang di kapal untuk menyeberang pun dibatasi. “Kapalnya dibatasi, otomatis jumlah pengunjung juga tidak banyak,” tambahnya.

Nantinya lokasi-lokasi wisata tersebut akan diawasi oleh tim gabungan yang terdiri dari Sat Polair, Pos Lanal Bontang, Tim Gugus Covid-19 Bontang, serta masyarakat. Jika ada yang tidak mengikuti protokol, maka akan diberi peringatan. “Kalau masih tidak mengindahkan dan rapornya merah ya kami tutup kembali,” tegasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.