Tempat Hiburan Malam di Samarinda Boleh Beroperasi, Tapi….

INTREN.ID, SAMARINDA – Pengelola tempat hiburan malam (THM) di Samarinda bisa bernapas lega. Pasalnya, sejak tutup pada masa pandemi dan berlanjut hingga Ramadan-Idulfitri, mereka bisa membuka usahanya kembali.

Berdasarkan Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Samarinda, tempat hiburan boleh beroperasi kembali pada relaksasi tahap I dari tanggal 1 hingga 15 Juni 2020.

Asisten I Sekretariat Kota Samarinda, Tejo Sutarnoto mengatakan, tempat hiburan boleh buka tapi dengan kesiapan dan menaati aturan yang telah dibuat terkait standar keamanan protokol Covid-19.

“Yang mau buka silakan. Kalaupun yang lain belum siap, ya jangan dipaksakan. Karena yang paham di lapangan ini kan teman-teman pengelola tempat hiburan. Pemerintah cuma memberi kesempatan buka kembali karena sudah sekian lama tutup,” sebut Tejo.

Dijelaskan Tejo, Pemkot Samarinda juga melihat ada dampak sosial dari penutupan ini. Seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan.

“Dengan adanya relaksasi ini, pemerintah coba membangkitkan kembali perekonomian sesuai SOP (standard operating procedure) yang ditentukan. Syarat-syarat SOP nanti kami bahas bersama. Ada tahapan dan aturan standar protokol Covid-19 untuk kembali membuka tempat hiburan,” terang Tejo.

- ADVERTISEMENT -

Beberapa hal yang harus dipatuhi, di antaranya membatasi jumlah pengunjung di dalam ruangan hanya 20 orang dan di luar ruangan 40 orang. Kendati demikian, hal itu menyesuaikan lokasi masing-masing. Sesuai besar-keecilnya tempat hiburan.

Selain itu, pengunjung juga diwajibkan memakai masker. Bagi pengelola, wajib menyediakan tempat cuci tangan, memberlakukan jarak satu meter dan standar protokol kesehatan lainnya. Khusus untuk karaoke yang berkamar-kamar, harus menyesuaikan agar tidak sampai melebihi kapasitas.

“Untuk jam operasional, karena ini relaksasi tahap pertama, maka dipersingkat menjadi tutup pukul 24.00 Wita,” tambahnya.

Tak hanya itu, sebelum pembukaan tempat hiburan, semua karyawan dan pengelola harus rapid test secara mandiri dulu. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.