Tempat Hiburan di Balikpapan Sudah Mulai Dibuka, Namun Identitas Pengunjung Wajib Dicatat

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan telah mengeluarkan Surat Edaran 300.2/557/Pem untuk merelaksasi kegiatan jasa hiburan masyarakat mulai 1 November 2020. Secara prinsip, kegiatan hiburan masyarakat tersebut telah memenuhi syarat dan telah dievaluasi untuk dibuka kembali.

“Sebelum dikeluarkannya surat edaran tersebut, hampir sebulan lalu asosiasi jasa hiburan masyarakat bertemu dengan Pemkot Balikpapan dan menyatakan kesiapan mereka untuk buka. Tapi kami minta tahan dulu, sembari melihat perkembangan kasus dan kondisi kota terakhir,” ungkap Kepala Satpol PP Zulkifli, Minggu (1/10/2020).

Kemudian, tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Satpol PP dan Dinas Kesehatan juga telah melakukan peninjauan langsung ke tempat karaoke umum dan karaoke keluarga. Hasil dari evaluasi peninjauan yang sekaligus simulasi pelaksanaan jasa hiburan tersebut menjadi masukan dalam poin-poin surat edaran yang dikeluarkan Pemerintah Kota Balikpapan.

“Kami tentu tidak berani mengeluarkan surat edaran relaksasi jika tidak ada peninjauan dan evaluasi sebelumnya. Selain itu, salah satu syarat dibukanya kembali aktivitas mereka adalah saat angka rasio penularan atau R-naught (R0) di bawah 1,” kata Zulkifli.

Untuk mengawal relaksasi kegiatan jasa usaha hiburan ini, Satpol PP akan secara berkala melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di tempat usaha masing-masing.

“Beberapa poin penting dalam surat edaran itu, membatasi pengunjung 50 persen kapasitas ruangan, dan pengelola wajib mencatat identitas setiap pengunjung. Ini agar memudahkan tracing jika terjadi kasus sewaktu-waktu. Kemudian kewajiban pelaksanaan protokol kesehatan yakni wajib masker, menjaga jarak, pemeriksaan suhu pengunjung dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan Minggu melaporkan pertambahan 13 kasus terkonfirmasi, 32 selesai isolasi, dan tidak ada kasus meninggal dunia. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.