Tembus Sembilan Ribu, Penambahan Kasus Corona Belum Berhenti

Kasus Meninggal Didominasi Kelompok Usia 41 smapai 60 tahun

INTREN.ID, JAKARTA – Pengidap virus corona baru (Covid-19) di Indonesia jumlahnya semakin menjadi-jadi. Awal pekan ini, terdapat penambahan 214 kasus. Sehingga total kasus positif di Indonesia sudah melampaui sembilan ribu kasus, tepatnya ada 9.096 kasus.

Meski bertambah signifikan, namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga mencatat penambahan jumlah kasus sembuh sebanyak 44 orang. Sehingga kini sudah ada 1.151 pasien yang dinyatakan sembuh.

“Pasien sembuh paling banyak ada di DKI Jakarta 335, dilanjutkan Jawa Timur 140 orang, Sulawesi Selatan 106 orang, Jawa Barat 96 orang, Jawa Tengah 88 orang dan dari seluruh provinsi menjadi 1.151 orang,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto, Senin (27/4/2020).

Kriteria pasien sembuh yang diakumulasikan tersebut, sebut Yurianto, berdasarkan hasil uji laboratorium selama dua kali. Dan juga ketika pasien tidak ada lagi keluhan klinis.

Sayangnya, angka kematian masih terjadi. Terdapat penambahan 22 orang yang meninggal dunia lantaran corona. Alhasil kini sudah ada 765 kasus kematian akibat virus dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

Kasus meninggal ini paling banyak ada pada kelompok usia sekitar 41-60 tahun. Serta beberapa lainnya di atas usia tersebut. Pun demikian, faktor penyakit penyerta atau komorbiditas yang banyak memperburuk kondisi pasien hingga meninggal adalah hipertensi, diabet, jantung dan penyakit paru-paru. Faktor usia komorbid itu yang menyebabkan angka kematian masih tinggi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.