Tegas! Ini Sikap Polri Terkait Kasus Pembakaran Bendera PDI Perjuangan

INTREN.ID, JAKARTA – Polri berjanji bakal profesional dalam mengusut pembakaran bendera PDI Perjuangan dalam aksi demonstrasi menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Hal ini ditegaskan Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

“Tentunya akan mencari fakta-fakta. Kami akan memeriksa saksi dan bukti-bukti yang ada,” ujar Argo, Jumat (26/6/2020).

Dijelaskan, seluruh laporan masyarakat yang masuk ke kepolisian bakal dipelajari. Semuanya bakal diselidiki sebagaimana standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

- ADVERTISEMENT -

Namun demikian Argo menyatakan belum ada pihak-pihak yang diperiksa polisi dalam kasus ini. Polisi baru akan memeriksa saksi-saksi setelah menerima laporan dari pihak-pihak yang merasa dirugikan.

“Nanti kami akan meminta keterangan dari pelapor. Kemudian juga saksi-saksi lain akan dilakukan pemeriksaan,” imbuh Argo.

Sebelumnya, massa membakar bendera PDI Perjuangan dalam aksi menolak RUU HIP di depan Gedung DPR RI. Bendera itu dibakar bersama dengan bendera PKI. PDI Perjuangan yang tidak terima lantas menempuh jalur hukum. Malahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengeluarkan surat perintah merapatkan barisan di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19). (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.