Tangis Korban PHK dan Nasib Mahasiswa Perantauan, BMI: Pemerintah Kurang Sigap

INTREN.ID, JAKARTA – Viralnya derai tangis korban pemutusan hubungan kerja (PHK) di Ramayana Depok yang menimpa sejumlah karyawan di tengah mewabahnya Covid-19 bikin miris.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Bintang Muda Indonesia (DPN BMI), Farkhan Evendi mengatakan, pemerintah memang belum siap dalam pembagian Kartu Pra Kerja.

“Kartu Pra Kerja yang dijanjikan pemerintah memang ada, kita tidak tahu bagaimana realisasinya, tapi ini yang nampak jelas. Tolong diperhatikan dulu, entah dengan dana mana, tapi kemanusiaan yang adil dan beradab adalah asas negara kita. Negara harus memberikan pertolongan,” ujar Farkhan, Rabu (8/4/2020).

Kata Farkhan, nasib mahasiswa perantauan di kota-kota besar pun juga menyisakan bom waktu. Mereka mungkin tidak akan melakukan aksi unjuk rasa, tapi bisa saja mendatangi Istana Negara atau Gubernuran meminta hak hidup kalau tekanannya terlalu luar biasa.

“Jika uang saku mulai menipis, tekanan hidup di era Covid-19 membesar, ditambah kebutuhan paket internet untuk membantu tugas mereka,” katanya.

Meskipun demikian, para mahasiswa tersebut tidak diperbolehkan untuk pulang ke kampung halaman.

BMI pun mengapresiasi Fraksi Partai Demokrat yang terus berjuang untuk rakyat di parlemen, termasuk penolakan terhadap omnibuslaw yang sedang dibahas karena memberi penderitaan terhadap nasib buruh dan pekerja.

Dia berharap pihak eksekutif di pemerintahan lebih sigap lagi mengatasi berbagai persoalan sosial yang juga menimpa semakin luas di kalangan pekerja dan mahasiswa perantauan.

“Kita adalah bangsa yang suka melakukan gotong-royong, BMI di tingkat pusat hingga DPD-DPD di seluruh daerah bersama Partai Demokrat banyak turun ke bawah membantu masyarakat di berbagai daerah,” katanya.

Kini BMI Berharap pemerintah lebih sigap lagi mengatasi krisis Covid-19 dan dampak sosial yang juga semakin luas menimpa kalangan pekerja korban PHK dan mahasiswa perantauan. (***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.