Tanggung Jawab Sosial Sesama Perantau, Pawala Bagikan Ratusan Paket Sembako

INTREN.ID, BATAM – Paguyuban Warga Lamongan (Pawala) Batam membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di beberapa kawasan di Kota Batam, Rabu (13/5/2020). Ketua Umum Pawala Batam, Arif setiawan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin dari Pawala seperti pada tahun-tahun sebelumnya setiap bulan suci Ramadan.

“Alhamdulilah meskipun saat ini kondisi pandemi Covid-19, dari Pawala masih bisa berbagi kepada saudara seperantauan asal Lamongan yang terdampak Covid-19,” kata Arif didampingi Ketua Bidang Sosial Pawala Batam, Cak Suep alias Suep Wibisono, Kamis (14/5/2020).

Pria yang akrab dipanggil Cak Agix tersebut menyebut, pada tahun ini pihaknya bisa membagikan paket lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun dampak dari penyebaran Covid-19 dirasakan oleh semua kalangan.

“Yang terpenting adalah niat untuk berbagi kepada sesama. Besaran nominal tidak menjadi masalah asalkan diberikan dengan ikhlas,” tuturnya.

Sembako ini berisi beras 5 kg, minyak goreng 900 ml dan mi instan 5 pcs itu dibagikan oleh para pengurus Pawala Batam kepada warga Kota Batam asal Lamongan. Dan warga yang terdampak penyebaran virus Covid-19.

Agix berharap dengan adanya penyerahan bantuan paket sembako tersebut, bisa membantu memenuhi kebutuhan saudara seperantauan yang saat ini banyak tidak bekerja ataupun jualan warung yang menurun.

Dengan mendukung imbauan pemerintah untuk melakukan social distancing, pembagian paket sembako diberikan jangka waktu yang hampir seharian. Agar para penerima bantuan paket sembako tidak datang dalam waktu yang bersamaan.

Paket sembako tersebut dibagikan kepada warga Lamongan di Batam yang tersebar mulai dari Baloi, Nagoya, Bengkong, Sungai Panas, Batam Center, Tiban, Tanjung Piayu serta warga di kawasan Batu Aji, di kantor sekretariat Pawala yang berlokasi di Perumahan Villa Mas, Blok B1 Nomor 1 Sungai Panas, Batam.

Pada kesempatan itu, Pawala menyiapkan 165 paket sembako dan mendapat tambahan 10 paket sembako dari Forum Komunikasi Sedulur Jawa Timur (Forkom Sejatim). Sehingga total ada 175 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat membutuhkan.

“Ini semua bersumber dari para pengurus serta saudara Pawala yang mempunyai rezeki untuk bisa berbagi terhadap saudara dan atas dasar tekad yang kuat,” ungkapnya.

Sementara itu seorang penerima bantuan sembako, Cak Narko mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pawala Batam. Pasalnya dengan bantuan tersebut sangat membantu memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Tentunya bantuan tersebut sangat berarti untuk kami. Terlebih adanya pandemi ini sangat mempengaruhi perekonomian kami,” ucap Cak Narko. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

 

https://youtu.be/D2E5CkQsf8Q

Get real time updates directly on you device, subscribe now.